What Are You Looking For?

Olahraga, Mood Booster Yang Ampuh dan Sehat

Olahraga, Mood Booster Yang Ampuh dan Sehat
Olahraga 04 Februari 2024 260 Views

Ketika suasana hati sedang buruk, seseorang cenderung melakukan kegiatan yang mereka sukai untuk memperbaikinya. Kegiatan tersebut harapannya dapat menjadi mood booster sehingga suasana hati kembali ceria. Ada beragam peningkat suasana hati yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki mood. Sebaiknya, pilihlah aktivitas yang cocok dengan kepribadianmu untuk membantu meredakan emosi dan stres yang sedang kamu rasakan. Salah satu mood booster yang terbilang cukup efektif adalah olahraga. Aktivitas fisik ini dapat melawan rasa suntuk, sedih, kalut, dan perasaan negatif lainnya. 

Olahraga merupakan bagian dari pola hidup sehat. Rutin berolahraga bisa membuat tubuh lebih bugar, membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan kepercayaan diri, menjaga kadar gula darah dan kolesterol, dan mencegah terkena berbagai penyakit.

Nggak hanya itu saja, olahraga juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Bahkan, ini menjadi aktivitas yang disarankan untuk mencegah dan meringankan gejala penyakit mental. Pertanyaannya, mengapa olahraga dapat membuat suasana hati seseorang menjadi meningkat?

Meningkatkan Hormon Endorfin
Pada dasarnya, olahraga memiliki beragam manfaat bagi tubuh dan pikiran. Aktivitas fisik yang rutin ini bisa menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Menariknya lagi, olahraga juga memiliki keistimewaan bagi pikiran. Menurut National Institutes of Health (NIH), olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental, suasana hati, dan mengurangi risiko stres dan depresi. Selama berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood sehingga membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. 

Singkatnya, hormon ini dapat mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif. Kondisi inilah yang dapat membantu mengatasi stres dan mengurangi risiko depresi. Ahli beranggapan, hubungan antara olahraga dan suasana hati cukup kuat.  Dalam lima menit setelah melakukan olahraga ringan, seseorang akan mendapatkan efek peningkatan suasana hati. Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa olahraga juga membantu meredakan depresi jangka panjang.  Itulah alasan mengapa olahraga dapat menjadi salah satu pilihan mood booster saat hati sedang cemas, ketika mengalami stres maupun depresi. 

Semua Jenis Olahraga Bisa Menjadi Mood Booster
Peran olahraga pada suasana hati terbilang cukup efektif dan instan. Menurut penelitian pada JAMA Psychiatry, berlari selama 15 menit sehari atau berjalan selama satu jam mengurangi risiko depresi berat. Ahli menyebutkan, terjadi penurunan sebanyak 26 persen kemungkinan mengalami depresi untuk setiap peningkatan besar dalam aktivitas fisik dengan pengukuran secara objektif. 

Peningkatan aktivitas fisik ini bisa kamu melihat pada pelacak aktivitas jika mengganti 15 menit duduk dengan 15 menit berlari. Pilihan lainnya, satu jam duduk dengan satu jam aktivitas sedang seperti jalan cepat.

Lantas, jenis olahraga apa yang bisa menjadi mood booster ketika suasana hati sedang menurun? Kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga sebagai peningkat mood untuk melawan suasana hati negatif. Setiap jenis gerakan dapat membantu mencegah depresi. Olahraga yang terbilang sederhana seperti berjalan kaki, atau naik tangga, juga dapat membantu untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati. Sementara itu, bila kamu benar-benar menyukai olahraga pada sentra kebugaran atau gym, teruskanlah dan lakukan secara rutin.

Idealnya, untuk mencegah depresi, kamu harus melakukan olahraga dengan intensitas lebih tinggi setidaknya 15 menit sehari, seperti berlari. Bisa juga satu jam olahraga dengan intensitas rendah, seperti berjalan kaki atau melakukan pekerjaan rumah.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life