What Are You Looking For?

Segudang Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan
Kesehatan Invalid date 254 Views

Para pecinta jeruk mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat yang ditawarkan buah berwarna oranye ini. Tidak hanya dikonsumsi langsung, jeruk dapat diolah menjadi beragam makanan, mulai dari camilan hingga menu utama. Yuk, simak ulasan seputar kandungan dan manfaat buah jeruk di sini. 

Kandungan buah jeruk
Jeruk (Citrus sinensis) adalah salah satu buah berwarna yang cukup populer berkat rasa manis alaminya. Buah ini juga memiliki berbagai jenis dengan manfaat yang berbeda-beda.

Meski begitu, semua jeruk memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. Ada pun nutrisi, vitamin, dan mineral yang ada pada jeruk meliputi:

  • Energi: 45 kal
  • Protein: 0,9 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Karbohidrat: 11,2 g
  • Serat: 1,4 g
  • Vitamin C: 49 mg
  • Tiamin (vitamin B1): 0,08 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,03 mg
  • Niasin: 0,2 mg
  • Kalsium: 33 mg
  • Fosfor: 23 mg
  • Kalium: 472,1 mg
  • Besi: 0,4 mg
  • Tembaga: 160 mg
  • Seng: 0,2 mg
  • Karoten total: 190 mcg

Manfaat buah jeruk
Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada buah jeruk membuatnya menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini sejumlah khasiat jeruk yang menjadi buah populer bagi sejuta umat. 

Meningkatkan daya tahan tubuh
Hampir semua orang tahu bahwa jeruk adalah sumber vitamin C yang baik dikonsumsi setiap hari. Vitamin ini berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain vitamin C, buah jeruk juga kaya akan kandungan antioksidan yang berperan penting dalam menangkal efek paparan radikal bebas.

Mencegah anemia
Selain bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan imunitas, vitamin C pada buah jeruk juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. Zat besi adalah salah satu bahan pembentuk sel darah merah. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan terjadinya anemia defisiensi zat besi. Pola makan yang sehat dengan gizi seimbang, terlebih bila diiringi dengan mengonsumsi jeruk, akan memaksimalkan penyerapan zat besi, sehingga diharapkan risiko terjadinya anemia bisa berkurang.

Menjaga kesehatan jantung
Vitamin C, flavonoid, dan karotenoid yang terkandung di dalam buah jeruk dipercaya baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, jeruk juga mengandung kalium yang diketahui dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

Membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh
Jeruk adalah salah satu jenis buah dengan kandungan air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 85%. Kamu dapat mengonsumsi jenis buah ini untuk membantumu memenuhi kebutuhan cairan harian. Jadi, jangan heran, bila setelah mengonsumsi buah ini kamu biasanya akan merasa lebih segar dan tidak haus lagi.

Mendukung kesehatan sistem cerna
Selain mengandung cukup banyak air, jeruk juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan sistem cerna. Serat pada buah jeruk bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan usus, meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus, melancarkan proses pencernaan, serta membuatmu kenyang lebih lama.

Menjaga tekanan darah stabil
Buah jeruk mengandung kalium yang cukup tinggi. Dalam 100 gram jeruk, setidaknya terkandung sekitar 166 miligram kalium. Mineral ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan membuatnya tetap stabil.

Menjaga kesehatan kulit
Vitamin C pada jeruk diketahui berperan penting dalam pembentukan kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk membantu agar kulit tetap elastis dan memperlambat terbentuknya kerutan.

Meningkatkan kadar kalium dalam tubuh
Mengonsumsi buah jeruk dapat meningkatkan asupan kalium hingga 14%. Dalam hal ini, kalium berperan penting untuk membantu tubuh rileks dan melancarkan pembuluh darah, yang sangat berpengaruh pada tekanan darah. Namun, perhatikan agar kadar kalium agar tetap dalam batas normal untuk mencegah terjadinya hipokalemia, yaitu kondisi kadar kalium dalam tubuh berada di bawah batas normal, dan hyperkalemia, yaitu kadar kalium yang terlalu tinggi. Jeruk kaya akan kandungan Vitamin C dan rendah kalori. Inilah yang membuat  buah jeruk ini dapat membantu mempertahankan berat badan ideal. Di samping itu, buah ini juga memiliki gula alami, yang dapat memberikan energi, otot, dan otak.

Menjaga berat badan tetap ideal 
Jeruk kaya akan kandungan Vitamin C dan rendah kalori. Inilah yang membuat  buah jeruk ini dapat membantu mempertahankan berat badan ideal. Di samping itu, buah ini juga memiliki gula alami, yang dapat memberikan energi, otot, dan otak.

Membantu penyerapan vitamin dan mineral
Setengah dari serat yang terkandung dalam jeruk adalah serat larut sehingga membantu tubuh Anda menyerap vitamin dan mineral lebih baik. Tidak hanya itu, buah ini juga dapat menurunkan jumlah gula yang diserap tubuh Anda.

Menurunkan risiko kanker usus besar
Menurut data dari European Prospective Investigation of Cancer and Nutrition (EPIC), orang yang kekurangan serat lebih mungkin berisiko kanker usus hingga 40 persen. Maka dari itu, cobalah untuk memenuhi kebutuhan serat alami. Salah satunya dari buah-buahan seperti jeruk, yang terbukti lebih aman daripada mengambil suplemen buatan.

Menurunkan risiko kanker paru-paru, kulit, dan payudara
Jeruk mengandung D-limonene, senyawa yang disebut dapat mencegah kanker, seperti kanker paru-paru, kanker kulit, bahkan kanker payudara. Selain itu, vitamin C dan antioksidan yang ada dalam jeruk sama-sama penting untuk membangun kekebalan tubuh. Keduanya ini dapat membantu melawan kanker. Menurut sebuah penelitian, hampir 15 persen kasus kanker yang terjadi karena mutasi pada DNA, dapat dicegah dengan Vitamin C.

Menghidrasi tubuh
Jeruk memiliki banyak mineral alkali, yang berperan dalam proses pencernaan. Selain itu, kandungan air dalam buah ini dapat membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Tidak heran bila buah yang memiliki rasa manis asam ini juga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Melihat banyaknya manfaat buah jeruk untuk kesehatan, membuat buah ini cocok dikonsumsi setiap hari, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Jeruk bisa dinikmati secara langsung, diolah menjadi jus, atau sebagai campuran dalam salad.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life