What Are You Looking For?

Segudang Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Kulit Hingga Kualitas Tidur

Segudang Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Kulit Hingga Kualitas Tidur
Kesehatan Invalid date 217 Views

Selain rasanya yang lezat, buah kiwi ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan pria. Manfaat buah kiwi banyak berasal dari kandungan vitamin C dan kalorinya yang rendah. Rasanya yang manis dan warnanya yang menarik membuat buah kiwi populer dijadikan sebagai pemanis kue. Selain itu, manfaat buah kiwi pun sangat banyak bagi kesehatan, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai camilan sehat.

Kandungan Nutrisi Buah Kiwi
Dalam 100 gram buah kiwi terkandung 64 kalori dan beberapa nutrisi berikut ini:

  • 1 gram protein
  • 3 gram serat 
  • 74,7 miligram vitamin C
  • 35 miligram kalsium
  • 1,3 miligram vitamian E
  • 0,24 miligram zat besi
    Selain itu, buah kiwi juga kaya akan antioksidan dan air, serta beberapa mineral penting, seperti kalium, magnesium, zinc, dan fosfor.

Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan
Rasa buah kiwi yang manis dan segar tak hanya nikmat untuk disantap, tetapi juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kiwi bagi kesehatan:

Menyehatkan kulit
Pada buah kiwi, kandungan vitamin C yang tinggi  juga bisa meningkatkan produksi kolagen, yaitu komponen penyusun sel-sel kulit. Kolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi, dan mengurangi kemunculan garis-garis halus. Di samping itu, kiwi juga mengandung vitamin E  dalam bentuk tocopherol. Vitamin E adalah komponen antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari zat-zat berbahaya radikal bebas dan sinar matari.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Anda dengan masalah tidur ternyata dapat terbantu dengan mengonsumsi buah kiwi. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan serotonin yang terdapat pada buah kiwi.Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi sebanyak 1–2 buah sebelum tidur dapat membantu seseorang tidur lebih cepat dan nyenyak.

Meredakan asma
Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada kiwi dapat meredakan gejala asma, seperti mengi dan sesak nafas. Penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbaikan kondisi paru-paru pada penderita asma yang mengonsumsi buah secara teratur, termasuk buah kiwi.

Menjaga kesehatan pencernaan
Penelitian menunjukkan bahwa buah kiwi dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus, sehingga sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS). Kandungan serat dalam buah kiwi juga dapat mencegah terjadinya konstipasi (sembelit), sehingga pencernaan terasa lebih lancar. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah kiwi juga dapat mencegah penyakit yang disebabkan kerusakan DNA seperti kanker usus besar.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat buah kiwi untuk meningkatkan daya tahan tubuh disebabkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini. Vitamin C merupakan unsur penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan penyakit seperti flu. Konsumsi sekitar 180 gram buah kiwi dapat mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Menurunkan tekanan darah
Buah kiwi memiliki beberapa senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini membuat salah satu manfaat buah kiwi adalah dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit yang muncul akibat hipertensi, seperti serangan jantung dan stroke.

Menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah
Buah kiwi merupakan salah satu makanan pengencer darah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 2–3 buah kiwi per hari dapat menurunkan risiko pembekuan darah dan mengurangi jumlah lemak dalam darah. Pembekuan darah berkaitan dengan berbagai penyakit dan kondisi serius yang bisa mengancam jiwa, seperti stroke, penyakit jantung, dan emboli paru.

Menjaga kesehatan mata
Manfaat buah kiwi lainnya yaitu menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan, berkat kandungan karoten, antioksidan, serta lutien dan zeaxanthin. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena degenerasi makula sebesar 36%.

Mengurangi risiko cacat lahir pada bayi
Pada buah kiwi ada kandungan folat, yaitu nutrisi yang berperan penting untuk perkembangan janin. Satu buah kiwi mengandung 17,2 mikrogram (mcg) yang telah melebihi kebutuhan harian folat untuk orang dewasa. Folat dapat membantu proses pembelahan dan pembentukan sel-sel pada janin sehingga bisa mencegah terjadinya cacat lahir. Hal ini membuat buah kiwi bermanfaat untuk ibu hamil. Ibu hamil bisa memenuhi asupan folat harian dengan mengonsumsi buah kiwi.

Mencegah kanker
Kandungan antioksidan pada buah kiwi berperan sebagai pelindung alami untuk kesehatan sel-sel di dalam tubuh, salah satunya dari kondisi stres oksidatif yang bisa merusak sel-sel sehat. Konsumsi buah kiwi berpotensi memberikan manfaat untuk mengurangi risiko terjadinya oksidatif sel. Nah, antioksidan ini terkandung lebih banyak pada bagian kulit dibandingkan daging buah kiwi. Agar aman mengonsumsi kulit buah kiwi, Anda perlu menyingkirkan bulu-bulu halus yang menempel pada kulitnya.

Mempercepat penyembuhan luka
Manfaat ini berasal dari kandungan mikronutrien utama pada buah kiwi yaitu vitamin C dan vitamin K. Kedua vitamin ini memiliki peranan vital dalam proses penyembuhan luka. Vitamin C membantu produksi kolagen, yaitu komponen pembentuk sel kulit. Vitamin ini juga berperan sebagai antioksidan yang mampu memperbaiki kerusakan sel. Vitamin K dapat mencegah perdarahan berlebih dan mempercepat proses pembekuan darah. Vitamin ini pada buah kiwi juga berkhasiat menjaga ketahanan sel tubuh.

 


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life