What Are You Looking For?

Sederet Manfaat Brokoli Hijau, Salah Satunya Untuk Mencegah Kanker

Sederet Manfaat Brokoli Hijau, Salah Satunya Untuk Mencegah Kanker
Kesehatan Invalid date 253 Views

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau dari keluarga tanaman kubis. Hingga kini, sayuran ini terkenal sebagai sumber makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi dan gizi. Apalagi, brokoli juga dikenal sebagai sayuran dengan nutrisi tinggi. Simak penjelasan mengenai kanduangan gizi serta manfaat brokoli di bawah ini.

Kandungan gizi brokoli
Brokoli atau Brassica oleracea kaya akan berbagai nutrisi terutama vitamin dan mineral. Termasuk kandungan gizi berupa fitonutien yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Sayuran hijau yang bentuknya seperti pohon kecil ini masuk ke dalam kategori bernutrisi tinggi.
Mengutip dari USDA, berikut adalah fakta gizi atau komposisi kandungan yang ada di dalam brokoli, seperti:

  • Kalori: 34
  • Air: 89.3 gram
  • Karbohidrat: 6.64 gram
  • Serat: 2.6 gram
  • Kalsium: 47 mg
  • Kalium: 316 mg
  • Fosfor: 66 mg
  • Sodium: 33 mg
  • Beta karoten: 361 mcg
  • Vitamin C: 89.2 mg
  • Vitain A: 31 mcg
  • Vitamin K: 101.6 mcg

Sederet Manfaat Brokoli Hijau
Ragam manfaat brokoli hijau ini bisa didapatkan oleh siapapun yang rajin mengonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat brokoli hijau untuk kesehatan:

Memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah 
Salah satu manfaat brokoli hijau yang utama adalah menjaga kesehatan jantung. Ini berkat kandungan serat, antioksidan, dan kalium yang cukup banyak di dalam brokoli hijau. Serat dan antioksidan pada brokoli hijau bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan plak (aterosklerosis) di pembuluh darah. Sedangkan kalium bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah dan irama jantung tetap stabil.

Mencegah kanker 
Di dalam brokoli hijau terkandung sulforaphane. Zat inilah yang mmberikan rasa pahit pada brokoli. Namun, kandungan zat ini diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker usus besar dan kanker paru-paru. Selain itu, antioksidan di dalam brokoli hijau juga diduga berpengaruh dalam mengurangi peradangan. Efek ini diduga dapat menjaga kesehatan sel tubuh dan mencegahnya berubah menjadi kanker. Inilah alasan mengapa brokoli termasuk dalam salah satu jenis makanan yang dibenci sel kanker.

Detoksifikasi tubuh
Terdapat kandungan anti-oksidan dalam brokoli yang bermanfaat untuk menghambat dan menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas. Senyawa anti-oksidan ini membantu mengurangi peradangan serta memberikan efek perlindungan pada tubuh. Jenis anti-oksidan berupa sulforaphane juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, kadar kolesterol, stres oksidatif, serta perkembangan penyakit kronis. Ditambah dengan kandungan vitamin C dalam brokoli yang membantu mengurangi racun dalam darah.

Memelihara kesehatan mata
Beta karoten merupakan senyawa yang saat sudah masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi vitamin A. Maka dari itu, kandungan beta karoten dalam brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, dan meningkatkan penglihatan. Selain meningkatkan kesehatan mata, beta karoten juga bermanfaat untuk melindungi mata dari penyakit seperti katarak dan degenerasi makula.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kandungan kalsium, vitamin K, vitamin A, dan fosfor dalam brokoli lebih mudah diserap oleh tubuh. Maka dari itu, brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang serta mencegah Anda mengalami osteoporosis. Manfaat atau khasiat lainnya dari kandungan brokoli tersebut juga membantu menjaga kesehatan gigi sekaligus menurunkan risiko penyakit gigi dan mulut seperti periodontitis.

Melancarkan pencernaan
Serat dan air yang terkandung di dalam brokoli hijau juga bermanfaat untuk merangsang gerakan usus dan memperlancar pencernaan. Oleh karena itu, brokoli hijau baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C  dan antioksidan lain di dalam brokoli hijau juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem imunitas tubuh yang kuat dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi.

Mencegah keriput 
Brokoli hijau mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C. Vitamin ini diketahui dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi, serta mengatasi kulit kering. Brokoli hijau juga dipercaya dapat mencegah keriput dan membantu memperbaiki tekstur kulit Anda secara keseluruhan.

Mencegah anemia
Saat tubuh kekurangan asupan mineral, maka yang bisa terjadi adalah Anda mengalami anemia. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti brokoli. Apalagi, brokoli mempunyai kandungan seperti kalsium, zat besi, magnesium, serta kalium yang penting untuk memproduksi hemoglobin dalam tubuh.

Meningkatkan kepadatan tulang 
Brokoli hijau memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah penyakit osteoporosis  yang membuat tulang keropos.

Manfaat brokoli hijau juga dianggap baik untuk menjaga gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terjadinya diabetes. Brokoli juga baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet atau hendak menjaga berat badan.  Selain beragam manfaat di atas, brokoli juga baik untuk memelihara kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Hal ini berkat kandungan folat dan ragam nutrisi lain di dalam brokoli hijau yang penting untuk diperoleh ibu hamil.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life