What Are You Looking For?

Sederet Manfaat Bawang Putih (Garlic Extrac) bagi Kesehatan

Sederet Manfaat Bawang Putih (Garlic Extrac) bagi Kesehatan
Kesehatan Invalid date 206 Views

Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa
Manfaat bawang putih telah lama digunakan untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan zat di dalamnya juga dikenal mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dan fungsi otak. Agar manfaat bawang putih bisa efektif, perhatikan aturan dan cara mengonsumsinya. Bawang putih memiliki aroma yang menyengat, tetapi manfaat kesehatan yang dimiliki sangatlah beragam. Manfaat bawang putih tersebut dapat diperoleh dengan berbagai cara, mulai dari memakannya dalam kondisi mentah, mengolahnya dengan bahan makanan lain, hingga mengonsumsi suplemen ekstrak bawang putih.

Makan bawang putih mentah, baik bagian umbi, kulit bawang, atau keduanya, dianggap memberikan lebih banyak manfaat sebab kandungan nutrisinya jauh lebih banyak. Ini karena nutrisi di dalam bawang putih dapat berkurang atau bahkan hilang jika bawang putih diolah pada suhu di atas 600C.

MANFAAT BAWANG PUTIH BAGI KESEHATAN
Ada beragam manfaat bawang putih yang perlu Anda ketahui karena sangat baik bagi kesehatan, yaitu:

Bawang putih mengandung senyawa dengan khasiat obat yang manjur
Bawang putih merupakan tanaman dalam keluarga Allium (bawang merah). Ini berkerabat dekat dengan bawang bombay, bawang merah, dan daun bawang. Setiap ruas umbi bawang putih disebut siung. Ada sekitar 10–20 siung dalam satu umbi, kurang lebih. Bawang putih tumbuh di banyak belahan dunia dan merupakan bahan masakan yang populer karena aromanya yang kuat dan rasanya yang lezat.

Namun, sepanjang sejarah kuno, manusia banyak digunakan bawang putih karena khasiat kesehatan dan obatnya. Ada bukti terdokumentasi tentang penggunaannya oleh banyak peradaban besar , termasuk orang Mesir, Yunani, Romawi, Cina, dan India. Para ilmuwan kini mengetahui bahwa sebagian besar manfaat kesehatan bawang putih disebabkan oleh pembentukan senyawa belerang saat Anda memotong, menghancurkan, atau mengunyah siung bawang putih.

Mungkin senyawa yang paling terkenal adalah allicin . Namun, allicin merupakan senyawa tidak stabil yang hanya terdapat sebentar pada bawang putih segar setelah Anda memotong atau menghancurkannya. Senyawa lain yang mungkin berperan dalam manfaat kesehatan bawang putih meliputi dialil disulfida dan s-allyl sistein . Senyawa belerang dari bawang putih masuk ke tubuh Anda melalui saluran pencernaan. Mereka kemudian menyebar ke seluruh tubuh Anda, memberikan efek biologis yang kuat.

Bawang putih bergizi tinggi tetapi memiliki sedikit kalori 
Kalori untuk kalori, bawang putih sangat bergizi.

  • Satu siung (sekitar 3 gram) mengandung 4,5 kalori , 0,2 gram protein, dan 1 gram karbohidrat.
  • Bawang putih merupakan sumber beberapa nutrisi yang baik, terutama:
  • mangan
  • vitamin B6
  • vitamin C
  • selenium
  • serat
  • Bawang putih juga mengandung sejumlah nutrisi lainnya.

Bawang putih dapat membantu melindungi terhadap penyakit, termasuk flu biasa 
Penelitian dari tahun 2016 menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih tua (AGE) dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen AGE selama 3 bulan selama musim pilek dan flu mengalami gejala yang lebih ringan dan lebih sedikit hari bolos sekolah atau bekerja.
Penelitian lain menunjukkan bahwa senyawa dalam bawang putih mungkin punya efek samping sifat antivirus . Selain meningkatkan sistem kekebalan Anda, ini dapat membantu mencegah virus memasuki sel inang atau bereplikasi di dalam sel Anda.

Senyawa aktif dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah 
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia , penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke bertanggung jawab atas lebih banyak kematian dibandingkan penyakit lainnya. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi , adalah salah satu faktor terpenting yang dapat menyebabkan penyakit ini.

A Meta-analisis studi tahun 2020 menemukan suplemen bawang putih untuk menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Para peneliti mengaitkan efek ini dengan penurunan risiko kejadian kardiovaskular sebesar 16-40%. Analisis tersebut mencatat bahwa efek bawang putih mirip dengan beberapa obat tekanan darah tetapi dengan efek samping yang lebih sedikit.

A ulasan tahun 2019 mencatat bahwa allicin dalam bawang putih dapat membatasi produksi angiotensin II, hormon yang meningkatkan tekanan darah. Ini juga dapat mengendurkan pembuluh darah Anda, sehingga darah mengalir lebih mudah.

Bawang putih meningkatkan kadar kolesterol, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung 
A ulasan penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol total dan LDL (jahat) . Para penulis merekomendasikan agar orang-orang dengan kolesterol tinggi makan lebih banyak bawang putih namun mengingatkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk memverifikasi temuan mereka.

Menurut penelitian tahun 2016, mengonsumsi suplemen bawang putih selama lebih dari 2 bulan dapat menurunkan LDL hingga 10% . Para peneliti mencatat efek ini terjadi pada orang dengan kadar kolesterol sedikit meningkat. Namun bawang putih tampaknya tidak memiliki efek yang sama terhadap kadar trigliserida , faktor risiko lain penyakit jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih tidak berpengaruh pada kolesterol HDL (baik).

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer dan demensia 
Kerusakan oksidatif akibat radikal bebas berkontribusi terhadap proses penuaan dan penurunan kognitif terkait . Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Penelitian menunjukkan antioksidan ini secara signifikan dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit terkait seperti penyakit Alzheimer , bentuk paling umum dari demensia .

Studi pada hewan menunjukkan bahwa allicin dalam bawang putih juga dapat membantu melindungi terhadap penurunan kognitif. Penelitian pada manusia diperlukan sebelum kita dapat sepenuhnya memahami potensinya. Beberapa penelitian telah menemukan suplemen bawang putih bermanfaat bagi penderita penyakit Alzheimer secara langsung.

Bawang putih dapat membantu Anda hidup lebih lama 
Potensi efek bawang putih terhadap umur panjang pada dasarnya tidak mungkin dibuktikan pada manusia. Namun mengingat efek menguntungkannya terhadap faktor risiko penting seperti tekanan darah, masuk akal jika bawang putih dapat membantu Anda hidup lebih lama . Di sebuah Studi bahasa Mandarin tahun 2019 , orang lanjut usia yang mengonsumsi bawang putih setidaknya setiap minggu hidup lebih lama dibandingkan mereka yang mengonsumsi bawang putih kurang dari sekali seminggu.
Fakta bahwa hal ini dapat membantu melawan penyakit menular juga penting. Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyebab kematian yang umum, terutama pada orang tua atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Suplemen bawang putih dapat meningkatkan performa atletik Anda 
Bawang putih adalah salah satu zat “peningkat kinerja” yang paling awal. Peradaban kuno menggunakan bawang putih untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja para pekerja. Atlet Olimpiade di Yunani kuno mengkonsumsi bawang putih untuk meningkatkan kinerjanya. Ketika studi hewan pengerat telah menunjukkan bahwa bawang putih membantu kinerja olahraga, hanya ada sedikit penelitian pada manusia.

A penelitian baru-baru ini menemukan bahwa bawang putih tidak meningkatkan performa pengendara sepeda dalam uji waktu 40 km. Namun, hal ini mungkin telah mengurangi stres oksidatif dan kerusakan otot terkait olahraga.

A studi kecil tahun 2015 juga mencatat bahwa suplemen bawang putih dapat meningkatkan kapasitas oksigen selama berolahraga. Namun diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan potensi manfaat ini.

Mengonsumsi bawang putih dapat membantu detoksifikasi logam berat dalam tubuh 
Pada dosis tinggi, senyawa sulfur dalam bawang putih telah terbukti melindungi kerusakan organ akibat keracunan logam berat . Allicin dalam bawang putih dapat membantu mengurangi kadar timbal dalam darah dan organ vital Anda. Sebuah studi tahun 2012 yang melibatkan karyawan di pabrik aki mobil (yang memiliki paparan timbal berlebihan) menemukan bahwa bawang putih mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19% . Hal ini juga mengurangi banyak tanda-tanda klinis toksisitas, termasuk sakit kepala dan tekanan darah tinggi. Tiga dosis bawang putih setiap hari bahkan mengungguli obat D-penicillamine dalam mengurangi gejala.

Bawang putih dapat meningkatkan kesehatan tulang 
Beberapa penelitian terbaru mengukur efek bawang putih terhadap kesehatan tulang, khususnya pada wanita setelah menopause . Hasil dari a uji klinis diterbitkan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa bawang putih dapat mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan osteoporosis . Para peserta mengonsumsi tablet bawang putih setara dengan 2 gram bawang putih segar per hari.
Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa suplemen bawang putih selama 12 minggu (1 gram per hari) membantu mengurangi rasa sakit pada wanita penderita osteoartritis lutut dan obesitas atau kelebihan berat badan.

Mencegah gangguan otak
Khasiat bawang putih dalam menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol juga bermanfaat untuk mencegah gangguan fungsi otak, misalnya penyakit Alzheimer dan demensia. Tekanan darah dan kadar kolesterol yang tinggi bisa menyumbat dan merusak pembuluh darah kecil di otak. Efeknya, otak akan lebih berisiko mengalami gangguan fungsi dalam berpikir dan mengingat, bahkan mengalami stroke yang bisa menyebabkan kelumpuhan.

Mengatasi sakit maag
Sebuah studi berskala kecil menunjukkan bahwa pemberian suplemen bawang putih bisa mencegah sakit maag, khususnya sakit maag akibat infeksi bakteri Helicobacter pylori di lambung. Manfaat bawang putih ini didapat dari allicin yang bersifat antibakteri. Meski demikian, manfaat di atas perlu dikonfirmasi dengan penelitian dalam skala yang lebih besar, agar dapat diketahui juga efektivitas serta batas keamanannya.

Mencegah kanker lambung
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bawang putih mengandung zat allicin yang yang bersifat antibakteri. Dari hasil sebuah penelitian, pemberian suplemen bawang putih dinilai bermanfaat untuk mencegah infeksi Helicobacter pylori yang bisa menyebabkan sakit maag kronis, kebocoran lambung, perdarahan lambung, bahkan kanker lambung.

 


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life