What Are You Looking For?

Seabrek Manfaat Carrot Extract Bagi Kesehatan

Seabrek Manfaat Carrot Extract Bagi Kesehatan
Kesehatan 02 Februari 2024 266 Views

Sebelum dimanfaatkan sebagai asupan makanan, wortel yang punya banyak warna ini ternyata lebih dulu dimanfaatkan sebagai obat.  Wortel mengandung beta karoten, serat, dan air yang cukup tinggi. Mengonsumsi wortel secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mata dan sistem pencernaan menjadi lebih optimal.

Zat Gizi Apa Saja yang Terkandung dalam Wortel?
Warna oranye dalam wortel muncul akibat adanya kandungan beta karoten, yaitu zat pigmen pada sayur dan buah. Selain beta karoten, sebaiknya ketahui berbagai kandungan nutrisi lainnya dalam 61 gram wortel, yaitu:

  • Kalori: 25.
  • Protein: 0,5 gram.
  • Karbohidrat: 6 gram.
  • Gula: 2,9 gram.
  • Serat: 1,5 gram.

Selain itu, makanan sehat ini juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Berikut kandungan vitamin dan mineral dalam 61 gram wortel, seperti:

  • Vitamin A: 509 mikrogram.
  • Vitamin K: 8 mikrogram.
  • Kalium: 195,2 mikrogram.

Wortel juga mengandung air yang cukup tinggi. Dalam 100 gram wortel, terdapat 88 persen kandungan air. Bahkan, wortel juga mengandung vitamin C yang bisa memenuhi lima persen kebutuhan harian. 

Sayuran ini juga mengandung kalsium dan zat besi yang bisa memenuhi dua persen kebutuhan harian. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi wortel karena manfaatnya yang sangat baik.

Ada juga kandungan antioksidan yang terdapat dalam wortel, yaitu beta karoten. Pada 61 gram wortel, terkandung sekitar 5053,8 mikrogram beta karoten.

Bukan hanya beta karoten, wortel juga masih memiliki kandungan antioksidan lainnya yang tidak kalah penting untuk kesehatan. Contohnya, seperti alfa karoten, lutein, lycopene, antosianin, dan polyacetylenes.

Apa Saja Manfaat dari Wortel?
Berikut ini manfaat wortel untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

Antioksidan
Disebutkan dalam Styles at Life, manfaat wortel yang utama yaitu sebagai antioksidan, yang membantu tubuh dalam menghilangkan radikal bebas dan molekul tidak stabil. Di mana hal tersebut akan menyebabkan kerusakan sel tubuh.

Meningkatkan Penglihatan
Kandungan beta-karoten dan vitamin A dalam wortel bermanfaat dalam meningkatkan kualitas penglihatan. Dalam hal ini, wortel tidak dapat menyembuhkan masalah terkait mata, tetapi bisa mencegah masalah atau penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin A, sekaligus menangkal katarak dan degenerasi makula.

Membantu Mengurangi Risiko Kanker
Wortel juga bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker. Pasalnya, kandungan beta-karoten dan antioksidannya dipercaya bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi tahun 2018 dalam National Library of Medicine oleh Haichao Chen, dkk, dari Ningbo University, China, menemukan bahwa wortel bisa berperan dalam membantu melawan semua jenis kanker, baik itu kanker paru-paru, kanker payudara, hingga kanker kandung empedu.

Menyehatkan Gigi dan Mulut
Manfaat wortel bisa untuk meningkatkan kesehatan mulut dan gigi. Mengunyah wortel juga bermanfaat untuk menjaga gigi terlihat putih. Sifat renyah saat dimakan, membuat wortel bisa mengikis plak dan partikel makanan yang menempel di gigi pula. Hal tersebut juga bisa merangsang gusi dan air liur yang bersifat basa, untuk membantu menyeimbangkan asam dengan bakteri pembentuk rongga gigi.

Selain itu, manfaat wortel untuk anak yaitu bisa mencegah kerusakan gigi, karena mengandung mineral. Konsumsi wortel cocok untuk diajarkan pada anak kecil dalam rangka menjaga kesehatan mulut mereka.

Membantu Mengurangi Penyakit Kardiovaskular
Kardiovaskular merupakan penyakit dari adanya gangguan jantung serta pembuluh darah. Kesehatan jantung bisa dijaga dengan meminum jus wortel, yang juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Makan makanan yang kaya akan potasium seperti wortel akan membantu pembuluh darah menjadi rileks, yang bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan juga kardiovaskular.

Membantu Mencegah Kram Menstruasi Masalah Perut
Menambahkan wortel ke dalam makanan atau minum jus wortel bermanfaat untuk mencegah nyeri haid dan masalah perut lainnya. Makan wortel mentah atau di jus berperan dalam mengatur aliran darah, karena kata akan beta-karoten dan zat besi.

Meningkatkan Sistem Pencernaan
Manfaat wortel untuk kesehatan lainnya yaitu meningkatkan pencernaan. Manfaat minum jus wortel bisa merangsang pencernaan dan juga mengurangi peradangan.

Menurunkan Kolesterol
Manfaat wortel mental dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol, karena banyak mengandung serat larut. Serat larut dalam wortel bisa mengatur metabolisme dan juga membantu kadar kolesterol tetap sehat.

Membantu Meningkatkan Memori
Wortel juga dikenal baik untuk kesehatan otak, karena mengandung luteolin (senyawa tingkat tinggi). Senyawa tersebut bisa membantu mengurangi defisit yang berkaitan dengan usia dalam ingatan atau peradangan di otak. Artinya, khasiat wortel juga bisa mencegah kehilangan daya ingat dan mengurangi risiko masalah ingatan atau demensia.

Membantu Mengendalikan Diabetes
Wortel merupakan sayuran kaya nutrisi, sehingga bagus untuk ditambahkan dalam diet penderita diabetes. Pasalnya, kandungan serat wortel akan membantu mengatur kadar glukosa darah dalam tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat wortel rebus untuk kesehatan yaitu menurunkan berat badan, karena wortel penuh serat dan rendah kalori. Kamu juga bisa minum jus wortel dengan menambahkan jeruk dan jahe ke dalam untuk menambah rasanya.

Menurunkan Tekanan Darah
Diketahui bahwa wortel mengandung banyak potasium dan beta-karoten, yang sangat efektif untuk mengurangi tekanan darah dan menjaganya tetap sehat. Kandungan tersebut akan bertindak sebagai vasodilator, yang bisa meredakan ketegangan di pembuluh darah.

Mengurangi Risiko Kram Selama Kehamilan
Manfaat wortel bagi ibu hamil adalah bisa mengurangi risiko kram selama masa kehamilan. Biasanya, wanita hamil akan banyak meminum jus wortel yang juga berperan sebagai antioksidan yang kuat. Selain membantu mencegah kram, wortel juga berperan dalam menjaga kesehatan ibu, dan bayi yang belum lahir.

Membantu Merawat Kulit Kusam
Manfaat wortel untuk kecantikan adalah membantu merawat kulit wajah yang kusam, dan membuat kulit tampak bercahaya. Kandungan beta-karoten dan likopen dalam wortel berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Mencegah Kerusakan Kulit
Kandungan vitamin A dalam wortel membuatnya berperan dalam mencegah kerusakan kulit. Pasalnya, diketahui bahwa kekurangan vitamin A bisa menyebabkan banyak masalah kulit seperti psoriasis, ruam, dan dermatitis. Selain itu, kandungan beta-karoten, alfa-karoten, dan karotenoid wortel juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas dan membuang racun yang merusak kulit.

Anti Penuaan
Manfaat wortel bisa sebagai anti penuaan alami. Konsumsi wortel secara teratur dengan porsi yang pas akan membantu meningkatkan elastisitas kulit, yang juga membantu menghilangkan garis-garis halus, kerutan, serta bintik-bintik gelap.

Menjaga Warna Kulit
Wortel mengandung vitamin A, antioksidan dan potasium, yang bermanfaat untuk mencegah warna kulit tidak merata. Selain itu, wortel juga bermanfaat untuk masalah kulit kering dan membuat kulit menjadi lembab dan terhidrasi.

Mengurangi Kulit Berminyak
Manfaat wortel untuk kecantikan yaitu bisa mengurangi kulit yang berminyak. Masker wortel akan berperan penting dalam perawatan kulit wajah yang berminyak, membuang sel kulit mati, serta mengencangkan kulit.

Merangsang Pertumbuhan Rambut Kepala
Wortel juga bermanfaat untuk memberikan vitamin pada rambut. Kandungan vitamin A dalam wortel juga bisa membuat rambut terlihat sehat, berkilau, tebal, dan lebih sehat. Selain itu, vitamin B, C, E, magnesium, dan fosfor dalam wortel membantu dalam meningkatkan sirkulasi kulit kepala. Di mana, pada giliranya hal tersebut bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

Mencegah Masalah Rambut
Jus wortel bisa dikonsumsi untuk memerangi kerontokan rambut. Selain itu, wortel juga menjadi solusi untuk mengurangi masalah umum rambut seperti rambut kering, bercabang, kusam, dan kasar.

Namun, di samping dengan konsumsi wortel, Anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan beberapa cara lainnya, seperti tidur yang cukup, kurangi stres, dan rutin olahraga.
Mengingat ada banyaknya manfaat wortel bagi tubuh, mulai sekarang biasakanlah untuk menambahkan wortel ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Namun, ingat. Saat membeli wortel, pilihlah wortel yang masih segar, keras, dan kering.
Sebelum mengonsumsinya, bersihkan dan kupaslah kulit wortel dengan baik, dan masaklah hingga matang.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life