What Are You Looking For?

Manfaat Grape Seed Extract Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Grape Seed Extract Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Kesehatan 06 Februari 2024 191 Views

Ekstrak biji anggur yang serigng disingkat dengan nama GSE atau Grape Seed Extract adalah suplemen makanan yang terbuat dari biji anggur. Ia memiliki antioksidan bermanfaat yang dapat membantu menghilangkan stres, peradangan, dan kerusakan jaringan yang dapat terjadi bersamaan dengan penyakit kronis. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, Ekstrak biji anggur dapat membantu mencegah penyakit dan melindungi dari stres oksidatif, kerusakan jaringan, dan peradangan. Berikut  manfaat ekstrak biji anggur bagi kesehatan, semuanya berdasarkan sains.

Dapat menurunkan tekanan darah 
Beberapa penelitian telah meneliti efek Ekstrak biji anggur pada tekanan darah tinggi . Review dari 16 studi pada 810 orang dengan tekanan darah tinggi atau peningkatan risiko penyakit tersebut ditemukan bahwa mengonsumsi 100–2.000 mg Ekstrak biji anggur setiap hari secara signifikan mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik (angka atas dan bawah) masing-masing rata-rata 6,08 mmHg dan 2,8 mmHg.

Mereka yang berusia di bawah 50 tahun dengan obesitas atau kelainan metabolisme menunjukkan perbaikan terbesar. Hasil yang paling menjanjikan datang dari dosis yang lebih rendah yaitu 100–800 mg setiap hari selama 8–16 minggu, dibandingkan dosis tunggal 800 mg atau lebih.

Studi lain pada 29 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi 300 mg Ekstrak biji anggur setiap hari menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 5,6% dan tekanan darah diastolik sebesar 4,7% setelah 6 minggu.

Dapat memperlancar aliran darah 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Ekstrak biji anggur dapat meningkatkan aliran darah. Dalam sebuah studi 8 minggu pada 17 wanita sehat pascamenopause, mengonsumsi 400 mg Ekstrak biji anggur memiliki efek pengencer darah, berpotensi mengurangi risiko penggumpalan darah.

Sebuah studi tambahan pada 8 wanita muda yang sehat menilai efek proanthocyanidin dosis tunggal 400 mg dari Ekstrak biji anggur segera diikuti dengan duduk selama 6 jam. Terbukti mengurangi pembengkakan dan edema kaki hingga 70%, dibandingkan dengan tidak menggunakan Ekstrak biji anggur.

Dalam penelitian yang sama, 8 wanita muda sehat lainnya yang mengonsumsi proanthocyanidins dosis 133 mg setiap hari dari Ekstrak biji anggur selama 14 hari mengalami pembengkakan kaki 40% lebih sedikit setelah 6 jam duduk.

Bisa mengurangi kerusakan oksidatif 
Peningkatan kadar kolesterol LDL (jahat) dalam darah diketahui merupakan faktor risiko penyakit jantung . Oksidasi kolesterol LDL secara signifikan meningkatkan risiko ini dan memainkan peran penting dalam aterosklerosis, atau penumpukan plak lemak di arteri Anda. Suplemen GSE telah terbukti mengurangi oksidasi LDL yang dipicu oleh diet tinggi lemak di beberapa negara studi hewan .

Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan hasil yang serupa. Ketika 8 orang sehat makan makanan tinggi lemak , mengonsumsi 300mg GSE menghambat oksidasi lemak dalam darah, dibandingkan dengan peningkatan 150% yang terlihat pada mereka yang tidak menggunakan GSE.

Di dalam studi lain, 61 orang dewasa sehat mengalami penurunan LDL teroksidasi sebesar 13,9% setelah mengonsumsi 400 mg GSE. Namun, sebuah studi serupa tidak dapat meniru hasil ini.

Selain itu, sebuah pelajaran pada 87 orang yang menjalani operasi jantung menemukan bahwa mengonsumsi 400 mg GSE sehari sebelum operasi secara signifikan mengurangi stres oksidatif. Oleh karena itu, GSE kemungkinan besar terlindungi dari kerusakan jantung lebih lanjut.

Dapat meningkatkan kadar kolagen dan kekuatan tulang 
Meningkatkan konsumsi flavonoid dapat meningkatkan sintesis kolagen dan pembentukan tulang. Sebagai sumber yang kaya akan flavonoid, GSE dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang Anda. Nyatanya, studi hewan telah menemukan bahwa menambahkan GSE ke dalam diet rendah kalsium, standar, atau tinggi kalsium dapat meningkatkan kepadatan tulang, kandungan mineral, dan kekuatan tulang . Artritis reumatoid adalah suatu kondisi autoimun yang menyebabkan peradangan parah dan kerusakan tulang dan sendi. Studi pada hewan telah menunjukkan bahwa GSE dapat menekan kerusakan tulang pada arthritis autoimun inflamasi . GSE juga secara signifikan mengurangi rasa sakit, taji tulang, dan kerusakan sendi pada tikus osteoartritis, meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi hilangnya tulang rawan.

Mendukung otak Anda seiring bertambahnya usia 
Kombinasi sifat antioksidan dan anti-inflamasi Flavonoid diduga dapat menunda atau mengurangi timbulnya penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer. Salah satu komponen GSE adalah asam galat yang berasal dari hewan dan laboratorium studi telah menunjukkan dapat menghambat pembentukan fibril oleh peptida beta-amiloid. Kelompok protein beta-amiloid di otak merupakan ciri khas penyakit Alzheimer.

Penelitian pada hewan menemukan bahwa GSE dapat mencegah hilang ingatan, meningkatkan status kognitif dan kadar antioksidan otak , dan mengurangi lesi otak dan kelompok amiloid .

Satu studi 12 minggu pada 111 orang dewasa lanjut usia yang sehat menemukan bahwa mengonsumsi 150 mg GSE setiap hari meningkatkan perhatian, bahasa, dan memori langsung dan tertunda. Namun, penelitian pada manusia tentang penggunaan GSE pada orang dewasa dengan gangguan memori atau kognitif yang sudah ada sebelumnya masih kurang.

Dapat meningkatkan fungsi ginjal 
Ginjal Anda sangat rentan terhadap kerusakan oksidatif, yang seringkali tidak dapat diperbaiki. Studi pada hewan telah menunjukkan bahwa GSE dapat mengurangi kerusakan ginjal dan meningkatkan fungsi dengan mengurangi stres oksidatif dan kerusakan inflamasi.

Di dalam satu studi , 23 orang yang didiagnosis gagal ginjal kronis diberi 2 gram GSE setiap hari selama 6 bulan dan kemudian dibandingkan dengan kelompok plasebo. Protein urin menurun sebesar 3% dan filtrasi ginjal meningkat sebesar 9%. Ini berarti ginjal peserta kelompok uji jauh lebih mampu menyaring urin dibandingkan ginjal peserta kelompok plasebo.

Dapat menghambat pertumbuhan infeksi 
GSE menampilkan sifat antibakteri dan antijamur yang menjanjikan. Penelitian telah menunjukkan bahwa GSE menghambat pertumbuhan bakteri umum yang ditularkan melalui makanan, termasuk Campylobacter dan E. coli , yang keduanya sering menyebabkan keracunan makanan parah dan sakit perut. Di dalam studi laboratorium , GSE ditemukan menghambat 43 strain bakteri Staphylococcus aureus yang resisten terhadap antibiotik . Candida adalah jamur mirip ragi yang terkadang dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih kandida , atau sariawan. GSE banyak digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat kandida.

Di dalam satu studi , tikus dengan kandidiasis vagina diberi larutan GSE intravaginal setiap 2 hari selama 8 hari. Infeksi dihambat setelah 5 hari dan hilang setelah 8 hari. Sayangnya, penelitian pada manusia tentang kemampuan GSE untuk membantu mengobati infeksi masih kurang.

Dapat mengurangi risiko kanker 
Penyebab kanker sangat kompleks, meskipun kerusakan DNA merupakan ciri utamanya. Asupan antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid dan proanthocyanidins , dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai jenis kanker. Aktivitas antioksidan GSE telah menunjukkan potensi untuk menghambat garis sel payudara, paru-paru, lambung, sel skuamosa mulut, hati, prostat, dan pankreas manusia di laboratorium.

Di dalam studi hewan , GSE telah terbukti meningkatkan efek berbagai jenis kemoterapi. GSE tampaknya melindungi terhadap stres oksidatif dan toksisitas hati sambil menargetkan tindakan kemoterapi pada sel kanker.

Review dari 41 penelitian pada hewan menemukan bahwa GSE atau proanthocyanidins mengurangi toksisitas dan kerusakan akibat kanker di semua kecuali satu penelitian. Perlu diingat bahwa potensi antikanker dan kemopreventif GSE dan proanthocyanidinsnya mungkin tidak dapat ditransfer secara langsung ke penderita kanker.

Dapat melindungi hati Anda 
Hati Anda memainkan peran penting dalam mendetoksifikasi zat berbahaya yang masuk ke tubuh Anda melalui obat-obatan, infeksi virus, polutan, alkohol, dan banyak lagi. GSE tampaknya memiliki efek perlindungan pada hati Anda.

Di dalam studi tabung reaksi , GSE mengurangi peradangan, mendaur ulang antioksidan, dan melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas selama paparan racun. Enzim hati alanine aminotransferase (ALT) adalah indikator utama toksisitas hati, artinya kadarnya meningkat ketika hati mengalami kerusakan.

Di dalam satu studi , 15 orang dengan penyakit hati berlemak non-alkohol dan kemudian tingkat ALT tinggi diberikan GSE selama 3 bulan. Enzim hati dipantau setiap bulan, dan hasilnya dibandingkan dengan mengonsumsi 2 gram vitamin C per hari.

Setelah 3 bulan, kelompok GSE mengalami penurunan ALT sebesar 46%, sedangkan kelompok vitamin C menunjukkan sedikit perubahan.

Meningkatkan penyembuhan luka dan penampilan 
Beberapa studi hewan telah menemukan GSE dapat membantu penyembuhan luka. Penelitian pada manusia juga menunjukkan harapan. Di dalam salah satu penelitian tersebut , 35 orang dewasa sehat yang telah menjalani operasi kecil diberi krim GSE 2% atau plasebo. Mereka yang menggunakan krim GSE mengalami penyembuhan luka penuh setelah 8 hari, sedangkan kelompok plasebo membutuhkan waktu 14 hari untuk sembuh. Hasil ini kemungkinan besar disebabkan oleh tingginya kadar proanthocyanidins dalam GSE yang memicu pelepasan faktor pertumbuhan di kulit.

Di tempat lain studi 8 minggu pada 110 pria muda yang sehat, krim GSE 2% meningkatkan penampilan , elastisitas, dan kandungan sebum kulit, yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life