What Are You Looking For?

L-Carnitine, Si Produksi Energi Dan Mesin Pembakar Lemak

L-Carnitine, Si Produksi Energi Dan Mesin Pembakar Lemak
Kesehatan Invalid date 233 Views

L-carnitine merupakan bentuk asam amino yang diproduksi secara alami di dalam tubuh atau bisa juga diperoleh dari makanan atau suplemen tertentu. Namun, sebelum mengonsumsinya, Anda perlu mengetahui dosis yang aman agar terhindar dari efek samping yang mungkin terjadi.   
L-carnitine berperan penting dalam memproduksi energi, yaitu membawa asam lemak ke dalam mitokondria di dalam sel tubuh. Nantinya, mitokondria akan bertindak sebagai mesin pembakar lemak untuk menciptakan energi yang dapat digunakan tubuh untuk beraktivitas.

FUNGSI UTAMANYA
L-Carnitine menawarkan semua manfaat dengan memecah lemak dalam tubuh dan meningkatkan pembakarannya. L-Carnitine adalah nutrisi yang dapat mengangkut lemak ke bagian mitochondria (sel pembangkit tenaga) untuk dibakar dan diubah menjadi energi bagi tubuh. 

Jika Anda tidak bisa mengirim lemak ke dalam mitochondria, maka Anda tidak dapat membakarnya. Jadi tanpa L-Carnitine, pembakaran lemak tidak dapat terjadi. Dengan lemak yang menumpuk, tubuh menjadi mudah lelah, berat badan bertambah, kolesterol meningkat, susah fokus serta menurunnya fungsi kekebalan tubuh. Di sisi lain, dengan L-Carnitine yang cukup memungkinkan tubuh kita untuk membakar lemak pada tingkat optimal.

Menyimpan lemak tubuh dalam jumlah berlebih berarti meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti hipertensi, resistensi insulin yang memicu timbulnya Diabetes Mellitus, juga berbagai gangguan pada jantung dan pembuluh darah seperti penyakit kardiovaskuler, kolesterol tinggi, penyakit jantung koroner, stroke, hingga kematian mendadak. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda bermasalah dengan kelebihan lemak dalam tubuh Anda? Ingin terhindar dari penyakit-penyakit kronis yang disebutkan di atas? Apa solusinya?

Selain mengatur pola makan dengan baik dan diimbangi pula dengan olahraga teratur, konsumsi suplemen diperlukan untuk membantu membakar kelebihan lemak dalam tubuh Anda akan membantu mengurangi kadar lemak berlebih dalam tubuh Anda sekaligus menghindarkan Anda dari risiko berbagai penyakit. Untuk itu, gunakanlah pembakar lemak yang sangat cocok bagi semua orang, termasuk Anda, yaitu .

L-Carnitine membantu mengangkut asam lemak ke otot Anda untuk dijadikan energi. L-Carnitine adalah sebuah molekul seperti vitamin yang mempunyai beberapa peranan penting dalam tubuh. Fungsi utamanya adalah menunjang tubuh untuk memecah lemak dalam tubuh untuk diubah jadi energi sehingga memberikan Anda tambahan energi saat berlatih.

Manfaat mengonsumsi l-carnitine 
Konsumsi L-Carnitine dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

Melindungi fungsi otak
L-carnitine memiliki banyak manfaat bagi fungsi otak. Penelitian menyebutkan bahwa konsumsi acetyl-L-carnitine setiap hari dapat mengobati berbagai penyakit yang berkaitan dengan penurunan fungsi otak, misalnya penyakit Alzheimer. Selain itu, suplemen ini juga diketahui dapat melindungi otak dari kerusakan sel.

Mengganti kurangnya kadar L-carnitine
Orang dengan kadar L-carnitine terlalu rendah, misalnya karena memiliki kelainan genetik, mengonsumsi obat tertentu, atau menjalani cuci darah, dapat mengonsumsi suplemen L-carnitine. Untuk mereka yang menjalani cuci darah, suplemen ini juga dapat memberikan manfaat lebih karena dapat meningkatkan jumlah sel darah merah.

Mengobati masalah jantung
L-carnitine bermanfaat untuk orang dengan kondisi medis yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, misalnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, gagal jantung kongestif, atau penyakit arteri perifer. Mengonsumsi L-carnitine secara rutin diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi dan kematian akibat penyakit jantung.

Meningkatkan performa olahraga
Banyak atlet yang mengonsumsi suplemen L-carnitine, sebab suplemen ini dapat meningkatkan performa saat berolahraga jika diminum secara rutin. Tak hanya itu, L-carntine juga memiliki beragam manfaat lain, seperti meningkatkan pasokan oksigen ke otot, meningkatkan aliran darah, mengurangi kelelahan, serta mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

Mengobati masalah infertilitas
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi suplemen L-carnitine secara rutin dapat memperbaiki kualitas sperma, meningkatkan jumlah sperma, serta memaksimalkan pergerakan sperma, sehingga baik dikonsumsi oleh pria yang mengalami masalah kesuburan.

Mengurangi gejala diabetes
L-carnitine dapat mengurangi gejala diabetes tipe 2 dan risiko komplikasi yang mengikutinya. Penelitian menyebutkan bahwa konsumsi suplemen L-carnitine dapat mengurangi kadar gula darah dan dapat meningkatkan kadar enzim AMPK yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan karbohidrat.

L-carnitine turunkan risiko penyakit jantung
Sebuah studi meta-analisis terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings menganalisis 13 studi berbeda pada efek penggunaan suplementasi l-carnitine dan penyakit kardiovaskular. Para peneliti melaporkan bahwa carnitine justru membantu memerangi penyakit kardiovaskular.

Lebih detail mereka melaporkan bahwa suplementasi l-carnitine dapat mengurangi semua penyebab kematian akibat penyakit kardovaskular sebesar 30 persen, mengurangi aritmia jantung sebesar 65 persen, dan menurunkan gejala angina (angin duduk) sebesar 40 persen. Peneliti tidak menemukan indikasi bahwa penggunaan suplemen l-carnitine dapat menyebabkan aterosklerosis.

Bahkan Food and Drug Administration (FDA) atau badan pengawas obat dan makanan Amerika menyetujui penggunaan L-Carnitine untuk pengobatan penyakit jantung.

Studi lain di Annals of Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa menggabungkan l-carnitine, Omega-3 dan polifenol dapat menurunkan kadar trigliserida darah sebesar 24 persen, penggunaan energi yang lebih baik, dan pembakaran lemak tubuh lebih efisien. Hasil penelitian di atas dapat memberikan pencerahan bahwa menggunakan suplementasi l-carnitine adalah aman dan dapat memberikan manfaat kesehatan jika digunakan sesuai aturan.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life