What Are You Looking For?

Beragam Manfaat Vitamin B, Yang Tubuh Butuhkan Setiap Hari

Beragam Manfaat Vitamin B, Yang Tubuh Butuhkan Setiap Hari
Kesehatan Invalid date 287 Views

Vitamin B adalah kelompok suplemen yang berguna untuk membantu tubuh mendapatkan atau menghasilkan energi dari makanan yang dikonsumsi. Vitamin ini juga berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, memecah asam amino, serta menyebarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. 

Kebutuhan vitamin B dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi. Meski begitu, sangat mungkin bagi seseorang mengalami kekurangan vitamin ini. Kurangnya asupan vitamin B dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti anemia, gangguan pencernaan, dan infeksi. Vitamin B juga sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Vitamin ini dapat membantu perkembangan otak janin dan mengurangi risiko terjadinya cacat lahir. Untuk pasangan yang sedang mengusahakan kehamilan, penggunaan suplemen ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya preeklamsia.

Suplemen ini tergolong aman untuk dikonsumsi setiap hari karena sifatnya yang larut dalam air. Artinya, vitamin B akan dikeluarkan setiap hari melalui cairan urine dan tidak akan mengendap di tubuh. Selain dari suplemen, vitamin B juga dapat ditemukan pada lauk sehari-hari, seperti ikan, daging, dan telur. Selain itu, suplemen ini juga terdapat pada sayuran hijau, buncis, dan kacang-kacangan.

Gejala Kekurangan Vitamin B
Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin B? Tubuh bisa menunjukkan gejala sebagai berikut:

  • Kelelahan.
  • Kelemahan atau kekurangan energi secara umum.
  • Mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki.
  • Otot melemah dan refleks lambat.
  • Goyah saat berjalan atau kesulitan menjaga keseimbangan.
  • Gejala yang lebih parah termasuk kebingungan, kehilangan ingatan, depresi, dan demensia.

Manfaat Vitamin B Berdasarkan Jenisnya
Manfaat vitamin B untuk apa saja, berdasarkan jenisnya?

Vitamin B1 (Tiamin)
Tiamin alias vitamin B1 berperan penting dalam perkembangan sel-sel di dalam tubuh. Senyawa yang satu ini juga membantu proses transformasi karbohidrat menjadi energi.  Karena termasuk jenis vitamin neurotropik vitamin B1 juga turut menjaga fungsi sistem saraf. Kamu bisa memperoleh sumber vitamin ini melalui daging, seafood dan biji-bijian.

Vitamin B2 (Riboflavin)
Jenis vitamin B berikut ini punya khasiat untuk kesehatan kulit, mata dan sistem saraf. Vitamin dengan nama lain ribloflavin ini juga berperan dalam produksi sel darah merah.  Usus memproduks riboflavin secara alami dalam jumlah yang kecil saja. Itu sebabnya, kamu perlu memenuhi kebutuhan vitamin B2 dari sumber lain, misalnya makanan atau suplemen. Contoh makanan yang kaya riboflavin, yaitu hati sapi, daging ayam dan susu. 

Vitamin B3 (Niasin)
Niasin atau vitamin B3 terkenal akan khasiatnya untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan manfaat enzim di dalam tubuh serta membantu penyerapan jenis vitamin B lainnya. Sumber vitamin B3 terbaik bisa kamu peroleh dari daging sapi, beras merah dan biji-bijian. 

Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
Vitamin B5 membantu dalam produksi hormon di dalam tubuh. Manfaat lainnya yaitu memecah lemak dan mengubah karbohidrat menjadi energi. Asam pantotenat bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi alpukat, susu, kacang-kacangan, serta brokoli.

Vitamin B6 (Piridoksin)
Vitamin B6 atau piridoksin berfungsi untuk mengatasi mual. Itu sebabnya, jenis vitamin B yang satu ini kerap diresepkan dokter di trimester pertama kehamilan. Piridoksin juga membantu produksi insulin dan melawan infeksi.  Selain melalui suplementasi, vitamin B6 banyak terkandung di dalam susu, kacang-kacangan, pisang, daging ayam, dan kentang. 

Vitamin B7 (Biotin)
Jenis vitamin yang kerap disebut biotin punya peranan besar untuk kesehatan tulang dan rambut. Bukan itu saja, biotin juga membantu produksi asam lemak. Kamu bisa mendapatkan nutrisi ini dari kuning telur, keju, ubi, daging, dan jeroan hewan, serta kacang-kacangan. 

Vitamin B9 (Asam Folat)
Asam folat adalah salah satu nutrisi yang sangat ibu hamil butuhkan. Sebab, jenis vitamin ini berperan penting dalam pembentukan tabung saraf bayi. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan cacat tabung saraf yang membuat bayi mengalami kelainan tulang belakang dan otak.  Tidak sampai di situ, asam folat turut membantu dalam pembentukan sel DNA. Vitamin B9 bisa diperoleh dari alpukat, bayam, kacang-kacangan, serta sereal. Pada ibu hamil, kebutuhan asam folat meningkat cukup banyak. Itu sebabnya, dokter sering meresepkan suplementasi asam folat untuk memastikan asupannya tercukupi. 

Selain bisa memengaruhi perkembangan bayi, kekurangan asam folat juga bisa mendatangkan berbagai masalah kesehatan. Kesehatan bumil sudah pasti berpengaruh terhadap kesehatan janin dalam kandungan. 

Vitamin B12 (Kobalamin)
Kobalamin atau vitamin B12 berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Jenis vitamin B ini juga membantu proses metabolisme protein. Sumber vitamin B12 terbaik ada pada daging merah, hati, telur, dan susu. 

Kegunaan vitamin B complex
Jika nutrisi Anda dapat terpenuhi maka cermin kesehatan yang baik dapat terwujud. Oleh karena itu penting mencukupi jumlah vitamin yang direkomendasikan  untk pencegahan dan pengobatan banyak kondisi. Vitamin B merupakan zat yang memainkan peran penting dalam tubuh. Sayangnya faktor risiko lain, seperti usia, kehamilan, pilihan makanan, kondisi kesehatan, obat-obatan, dan lainnya meningkatkan permintaan tubuh akan vitamin B.  Dalam kondisi ini, suplemen vitamin B mungkin diperlukan.  Adapun manfaat vitamin B kompleks untuk mendukung:

  • Kesehatan sel
  • Pertumbuhan sel darah merah
  • Tingkat energi
  • Penglihatan yang bagus
  • Fungsi otak yang sehat
  • Pencernaan yang batik
  • Nafsu makan yang sehat
  • Fungsi saraf yang tepat
  • Hormon dan produksi kolesterol
  • Kesehatan jantung
  • Bentuk otot

Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life