What Are You Looking For?

Beragam Manfaat Tomat Untuk Mencegah Kanker dan Sakit Jantung

Beragam Manfaat Tomat Untuk Mencegah Kanker dan Sakit Jantung
Kesehatan Invalid date 257 Views

Tomat menjadi salah satu jenis buah yang kerap terdapat dalam menu sehat. Selain rasanya yang segar, buah ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsinya bisa menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan mata, hingga membuat kondisi tulang menjadi lebih kuat.

Tomat adalah salah satu makanan yang sering dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Paling tidak, kita diminta mengkonsumsi tomat untuk menjaga kesehatan mata. Namun di luar itu, ternyata buah yang satu ini memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi tomat sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau di supermarket. Selain itu, tomat juga termasuk makanan yang fleksibel, kamu bisa mengkonsumsinya dalam kondisi mentah atau dimasak terlebih dulu. 

Kandungan gizi pada tomat
Dalam 100 gram tomat, Anda bisa menemukan berbagai kandungan gizi yang menyehatkan bagi tubuh. Berikut rincian komposisi gizinya.

  • Air: 93 gram (g).
  • Energi: 24 kkal.
  • Protein: 2 g.
  • Lemak: 0,7 g.
  • Karbohidrat: 3,3 g.
  • Serat: 1,8 g.
  • Kalsium: 5 miligram (mg).
  • Fosfor: 27 mg.
  • Zat besi: 0,5 mg.
  • Natrium: 10 mg.
  • Kalium: 210 mg.
  • Tembaga: 0,07 g.
  • Seng: 0,2 mg.
  • Beta-Karoten: 384 mikrogram (mcg).
  • Karoten total: 320 mcg.
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,07 mg.
  • Riboflavin (Vitamin B2) 0,04 mg.
  • Niasin: 0,7 mg.
  • Vitamin C: 30 mg.

Selain itu, tomat mengandung fitonutrien atau senyawa khas tanaman bernama likopen. Senyawa ini merupakan pigmen atau pewarna merah alami pada tomat.

Manfaat tomat bagi kesehatan
Dengan mengonsumsi buah tomat, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk kesehatan seperti berikut ini.

Mencegah penyakit jantung
Manfaat makan tomat mentah setiap hari yang akan kamu dapatkan adalah terhindar dari penyakit jantung yang menjadi penyebab kematian paling umum di dunia. Menurut sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal U.S. National Library of Medicine, kadar likopen serta beta-karoten yang rendah di dalam darah, berpotensi meningkatkan resiko terkena serangan jantung. Mengonsumsi tomat mentah setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, melawan peradangan, serta stres oksidatif. Selain itu, lapisan dalam pembuluh darah juga akan mendapatkan perlindungan, sehingga menurunkan resiko pembekuan darah.

Mencegah kanker
Tomat merupakan sumber antioksidan dan Vitamin C yang sangat baik. Dua kandungan ini dapat mengurangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker. Menurut sebuah studi dalam Jurnal Molecular Cancer Research, asupan beta-karoten yang tinggi dapat mencegah perkembangan tumor pada kanker prostat. Tak hanya itu, kandungan likopen dalam tomat juga bisa membantu mencegah kanker prostat. Apalagi tomat mampu memenuhi 80% likopen daripada makanan lainnya. Sebuah studi yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa beta-karoten mampu menurunkan resiko kanker usus besar.

Sumber vitamin yang baik
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tomat merupakan sumber vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Di dalamnya terdapat banyak kandungan vitamin, seperti:

  • Vitamin C
  • Vitamin K yang bermanfaat untuk tulang
  • Vitamin A yang akan mendukung kesehatan kulit, penglihatan, dan juga kekebalan tubuh
  • Kalium yang menjadi nutrisi utama untuk fungsi jantung, tekanan darah, konstraksi otot, serta menjaga keseimbangan cairan yang sehat

Meningkatkan penglihatan kita
Tomat adalah buah yang kaya akan kandungan lutein, beta-karoten, dan likopen. Ketiganya merupakan antioksidan kuat yang terbukti dapat melindungi mata dari kerusakan yang diakibatkan oleh cahaya, degenerasi makula terkait usia (AMD), dan perkembangan katarak. Studi Age-Related Eye Disease Study (AREDS) yang dilakukan baru-baru ini menemukan bahwa individu yang mengkonsumsi tomat dengan kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin yang tinggi, mengalami penurunan resiko AMD neovaskular sebesar 35%.

Menjaga tekanan darah
Manfaat makan tomat mentah setiap hari yang terakhir adalah menjaga tekanan darah. Manfaat ini didapatkan karena tomat memiliki natrium yang rendah sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap sehat.

Mengontrol gula darah
Manfaat makan tomat ini berasal dari kandungan serat. Tidak seperti jenis karbohidrat lainnya, serat tidak diubah menjadi gula. Hal ini membuat kadar gula darah tetap stabil dan tidak melonjak naik. Selain itu, serat akan membentuk jel di dalam usus yang bisa memperlambat proses pencernaan. Hal ini akan mencegah gula darah naik secara drastis setelah Anda makan. Jadi, asupan tomat baik untuk pasien diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2.

Melancarkan pencernaan
Jika Anda sedang sembelit, mengonsumsi buah tomat membantu melancarkan BAB.  Kandungan air dan serat pada tomat dapat membantu melancarkan pergerakan usus sehingga BAB lancar. Selain itu, serat dapat membuat kotoran yang terdapat pada usus terdorong keluar sehingga membantu mengurangi konstipasi atau sembelit.

Menjaga kesehatan kulit
Kandungan likopen pada tomat berperan sebagai antioksidan. Hal ini melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.  Tomat juga kaya akan vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen atau protein yang mengencangkan kulit. Selain kulit semakin kencang, kolagen penting untuk mempercepat penyembuhan luka.

Meningkatkan kesehatan saat hamil
Tomat mengandung folat untuk ibu hamil. Kandungan folat dalam buah tomat memberikan manfaat untuk menjaga janin dari cacat tabung saraf. Tak hanya itu, mengonsumsi buah tomat rupanya baik untuk menjaga kesehatan rahim bagi wanita yang sedang merencanakan program kehamilan. Lagi-lagi, manfaat makan tomat untuk kesuburan berasal dari kandungan likopen

Memperkuat tulang
Kandungan likopen pada tomat ternyata melindungi tulang dari kehilangan mineral. Likopen melindungi tulang dari radikal bebas yang bisa merusak sel.  Selain itu, kandungan ini menyeimbangkan proses osteoklas dan osteoblas. Osteoklas adalah proses pemecahan jaringan tulang yang sudah lama, sedangkan osteoblas adalah pembentukan jaringan tulang baru.  Alhasil, proses pemecahan jaringan tulang tidak lebih banyak daripada penyusunannya sehingga tulang tetap kuat. Kandungan tomat yang satu ini juga mengontrol hormon estrogen pada wanita yang berperan menjaga kepadatan tulang.

Memulihkan kerusakan paru-paru
Manfaat tomat yang satu ini lagi-lagi berasal dari kandungan likopen. Konsumsi zat ini dalam jumlah yang tinggi membantu menurunkan risiko terkena kanker paru-paru pada perokok. Kadar likopen di dalam darah yang lebih tinggi juga membantu mengurangi gejala dan keparahan penyakit penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Likopen berperan sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan DNA akibat radikal bebas dari rokok. Rusaknya DNA diketahui bisa memicu kanker.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Tomat kaya vitamin C yang penting untuk merangsang pembentukan sel darah putih untuk melawan infeksi.  Tomat juga mengandung likopen dan beta-karoten yang bersifat antioksidan. Jadi, tubuh terlindung dari paparan radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis. Tomat juga tinggi serat dan air yang melancarkan BAB. Hal ini menyeimbangkan mikrobiota usus yang meningkatkan kekeba;an tubuh.

Menjaga kesehatan ginjal
Selain itu, tomat memiliki sifat diuretik alami yang dapat membantu membersihkan ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal. Dalam rangka memanfaatkan manfaat tomat secara maksimal, sebaiknya mengonsumsinya dalam bentuk segar atau dengan cara yang tidak terlalu melalui proses panjang. Kamu dapat menikmati tomat dalam salad, jus, sup, saus, atau dijadikan bahan tambahan dalam berbagai hidangan.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life