What Are You Looking For?

Beragam Manfaat Kolagen, Gak Cuma Untuk Kulit

Beragam Manfaat Kolagen, Gak Cuma Untuk Kulit
Kesehatan 06 Februari 2024 269 Views

Selama ini orang tahu kolagen hanya untuk antipenuaan. Padahal, manfaat kolagen lainnya adalah untuk pertumbuhan massa otot, kesehatan tulang, jantung, dan mood lebih baik. Kolagen merupakan komponen kunci pada tulang, kulit, otot, dan bagian tubuh lainnya. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, meredakan nyeri sendi, dan mencegah pengeroposan tulang, antara lain.

Kolagen adalah protein. Tubuh Anda memproduksinya, dan ini penting untuk kesehatan sendi, kulit, tulang, otot, dan banyak lagi. Namun seiring bertambahnya usia ketika tubuh Anda semakin sulit membuat kolagen-kolagen yang Anda miliki mulai terurai. Jadi, Anda mungkin mempertimbangkan suplemen kolagen dan bertanya-tanya seberapa besar manfaatnya.

Apa itu kolagen? 
Kolagen adalah paling melimpah protein dalam tubuh Anda. Ini adalah komponen utama jaringan ikat yang membentuk beberapa bagian tubuh, termasuk tendon, ligamen, kulit, dan otot. Ini memiliki banyak fungsi penting, termasuk memberikan struktur pada kulit Anda dan memperkuat tulang Anda. Anda bisa mendapatkan kolagen dari makanan seperti kulit babi dan kaldu tulang, namun suplemen kolagen juga menjadi populer. Sebagian besar terhidrolisis, artinya kolagen telah dipecah agar lebih mudah diserap. 

Manfaat kolagen untuk kesehatan
Selain merekatkan, protein ini juga dapat mempercepat proses pemulihan jaringan tubuh yang terluka, memperkuat tulang, dan melenturkan tendon serta kulit. Jika kadarnya cukup, berikut beberapa manfaat kolagen untuk tubuh:

Dapat meningkatkan kesehatan kulit
Kolagen adalah komponen utama kulit Anda. Ini berperan dalam memperkuat kulit, serta elastisitas dan hidrasi. Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit kolagen, menyebabkan kulit kering dan pembentukan kerutan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peptida kolagen atau suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi kerutan dan kekeringan. Satu review dari 26 studi berfokus terutama pada wanita menemukan bahwa mengonsumsi 1–12 gram kolagen per hari selama 4–12 minggu menyebabkan peningkatan elastisitas dan hidrasi kulit. Suplemen ini mungkin berhasil dengan merangsang tubuh Anda untuk memproduksi kolagen dan protein lain yang membantu menyusun kulit Anda, termasuk elastin dan fibrillin. 

Dapat meredakan nyeri sendi
Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dalam tubuh Anda menurun, dan risiko gangguan sendi seperti osteoartritis meningkat . Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan gejala osteoartritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan. Sebuah tinjauan penelitian pada orang dengan osteoartritis menemukan bahwa mengonsumsi kolagen menyebabkan perbaikan yang signifikan dalam kekakuan sendi tetapi tidak nyeri atau keterbatasan fungsional. Para peneliti menyarankan kolagen tambahan dapat terakumulasi di tulang rawan dan merangsang jaringan Anda untuk membuat kolagen dapat menyebabkan peradangan yang lebih rendah, dukungan sendi yang lebih baik, dan pengurangan rasa sakit. Namun diperlukan bukti untuk merekomendasikan kolagen sebagai pengobatan osteoartritis.

Dapat mencegah pengeroposan tulang
Tulang Anda sebagian besar terbuat dari kolagen. Seiring bertambahnya usia, kolagen menurun dan massa tulang menurun. Ini dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis, yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah dan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Saran penelitian suplemen kolagen dapat membantu menghambat kerusakan tulang yang menyebabkan osteoporosis. Dalam penelitian selama 12 bulan terhadap wanita pascamenopause, beberapa wanita mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D dengan 5 gram kolagen dan lainnya mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D tanpa kolagen setiap hari. Mereka yang mengonsumsi suplemen kalsium, vitamin D, dan kolagen memilikinya jauh lebih rendah kadar protein dalam darah yang mendorong kerusakan tulang dan lebih sedikit hilangnya kepadatan mineral tulang dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi kalsium dan vitamin D. Studi lain menemukan hasil serupa pada 66 wanita pascamenopause yang mengonsumsi 5 gram kolagen setiap hari selama 12 bulan. Peserta yang mengonsumsi kolagen memiliki peningkatan hingga 7% dalam kepadatan mineral tulang (BMD), ukuran kepadatan mineral dalam tulang.

Dapat meningkatkan kesehatan jantung
Para peneliti berteori bahwa suplemen kolagen dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kolagen memberikan struktur pada arteri Anda, pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh Anda. Tanpa kolagen yang cukup, arteri akan menjadi kurang fleksibel dan elastis, sehingga dapat menyebabkan aterosklerosis, suatu penyakit yang ditandai dengan penyempitan arteri. Kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.
Dalam sebuah penelitian selama 6 bulan, 30 orang dewasa sehat mengonsumsi 16 gram kolagen setiap hari. Mereka telah mengalami penurunan yang signifikan dalam ukuran kekakuan arteri dari awal hingga akhir penelitian. Selain itu, kadar kolesterol HDL (baik) mereka meningkat sebesar rata-rata 6% . HDL merupakan faktor penting dalam risiko penyakit jantung, termasuk aterosklerosis.

Dapat meningkatkan massa otot
Sebagai protein paling melimpah di tubuh, kolagen merupakan komponen penting otot rangka. Dalam penelitian selama 12 minggu, 26 pria lanjut usia dengan sarcopenia mengonsumsi 15 gram kolagen saat berpartisipasi dalam program olahraga. Dibandingkan dengan pria yang berolahraga tetapi tidak mengonsumsi kolagen, mereka memperoleh lebih banyak massa otot secara signifikan dan kekuatan.

Dapat meningkatkan kesehatan jantung
Para peneliti berteori bahwa suplemen kolagen dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kolagen memberikan struktur pada arteri Anda, pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh Anda. Tanpa kolagen yang cukup, arteri akan menjadi kurang fleksibel dan elastis, sehingga dapat menyebabkan aterosklerosis, suatu penyakit yang ditandai dengan penyempitan arteri. Kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.
Dalam sebuah penelitian selama 6 bulan, 30 orang dewasa sehat mengonsumsi 16 gram kolagen setiap hari. Mereka telah mengalami penurunan yang signifikan dalam ukuran kekakuan arteri dari awal hingga akhir penelitian. Selain itu, kadar kolesterol HDL (baik) mereka meningkat sebesar rata-rata 6%. HDL merupakan faktor penting dalam risiko penyakit jantung, termasuk aterosklerosis.

Dapat meningkatkan kesehatan usus
Meskipun tidak ada uji coba terkontrol secara acak yang mendukung klaim ini, beberapa ahli kesehatan melaporkan bahwa suplemen kolagen dapat mengobati sindrom usus bocor , yang juga disebut permeabilitas usus. Banyak orang melaporkan kolagen membantu,

Dapat menguatkan rambut dan kuku Anda
Mengonsumsi kolagen boleh meningkatkan kekuatan kukumu. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung efek kolagen pada rambut, banyak orang melaporkan bahwa mengonsumsi kolagen dapat membantu rambut Anda agar tidak mudah patah.

Dapat membantu menjaga kesehatan otak
Meskipun belum ada penelitian yang meneliti peran suplemen kolagen dalam kesehatan otak, beberapa orang mengklaim bahwa suplemen tersebut meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala kecemasan.

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan
Selain untuk tubuh secara keseluruhan, kolagen juga dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kecantikan, meliputi: 

Mengurangi garis halus pada wajah
Menurut penelitian yang terbit dalam jurnal Dermatology Practical & Conceptual, menyebutkan bahwa bukti suplemen kolagen baik oral maupun aplikasi langsung ke kulit, dapat meningkatkan kelembapan, elastisitas, dan hidrasi kulit.  Tak hanya itu,  suplemen dengan kandungan protein asam amino ini dapat mengurangi kerutan dan kekasaran kulit.

Mengurangi selulit
Selulit yang tampak pada permukaan kulit muncul ketika jaringan lemak menembus serat hingga ke lapisan kulit teratas. Protein alami ini bekerja dengan mempercepat proses perbaikan dan regenerasi sel kulit pada jaringan kulit.

Melancarkan sirkulasi darah ke kulit
Kolagen dapat memperkuat struktur pembuluh darah. Selain itu, pembuluh darah yang kuat dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan baik, termasuk kulit. Oksigen dan zat gizi yang terbawa oleh darah tersebut yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life