What Are You Looking For?

Banyak Banget Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan

Banyak Banget Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan
Kesehatan 03 Februari 2024 248 Views

Vitamin A termasuk jenis vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh. Sayangnya, vitamin ini tak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh. Anda perlu memenuhi kebutuhannya melalui makanan atau suplemen. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh banyak manfaat vitamin A. Ada banyak manfaat vitamin A yang baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari menjaga penglihatan, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga mengurangi risiko penyakit kronis. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat vitamin A, yuk, simak artikel berikut.
Vitamin A terdiri dari dua jenis, yaitu retinoid yang berasal dari produk hewani dan karotenoid yang berasal dari buah dan sayuran. Nutrisi ini merupakan salah satu nutrisi yang memainkan peran penting dalam tubuh.

Manfaat vitamin A
Sumber makanan vitamin A sebenarnya sangat berlimpah, mulai dari ikan, telur, susu, mangga, hingga brokoli. Pasalnya, fungsi vitamin A sangat penting bagi tubuh. Itu sebabnya, orang dewasa di atas 19 tahun perlu memenuhi kebutuhan harian vitamin A sebanyak 700 mikrogram (mcg) per hari. Angka tersebut dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan dalam Angka Kebutuhan Gizi (AKG) harian.  Di bawah ini segudang manfaat yang ditawarkan vitamin A kepada kesehatan tubuh Anda.

Meningkatkan kesehatan mata
Menurut penelitian oleh U.S. National Eyes Institute, mengenai penyakit mata yang berkaitan dengan usia, risiko kondisi seperti degenerasi makula, nyatanya dapat berkurang dengan mengonsumsi antioksidan tingkat tinggi dalam vitamin A sekitar 25 persen.

Menjaga kesehatan kulit
Tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan penglihatan, terpenuhinya kebutuhan nutrisi dalam tubuh dapat membantu menjaga kesehatan kulit, dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Mencegah degenerasi makula terkait usia
Degenerasi makula terkait usia adalah penyebab utama kebutaan di negara maju. Selanjutnya, gangguan ini terjadi akibat kerusakan sel pada retina akibat dari stres oksidatif.

Menurunkan risiko jenis kanker tertentu
Kanker terjadi ketika sel-sel abnormal mulai tumbuh atau membelah dengan cara yang tidak terkendali.  Penelitian berjudul Carotenoid intake and risk of non-Hodgkin lymphoma: a systematic review and dose-response meta-analysis of observational studies, yang terbit pada Annals of Hematology menemukan, mengonsumsi vitamin A dalam dosis tinggi dapat menurunkan risiko jenis kanker tertentu. Beberapa jenis kankernya, yaitu limfoma Hodgkin, kanker serviks, paru-paru, dan kandung kemih.

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
Nutrisi ini berperan penting dalam menjaga pertahanan alami tubuh. Termasuk, meningkatkan kinerja lapisan di area mata, paru-paru, usus, dan alat kelamin guna mencegah masuknya patogen. Jenis vitamin ini juga terlibat dalam produksi dan fungsi sel darah putih, yang membantu menangkap dan membersihkan bakteri dan patogen lain dari aliran darah. Sederhananya, kekurangan nutrisi ini dapat meningkatkan risiko tubuh terhadap paparan infeksi dan memperlambat proses pemulihan penyakit.

Mengurangi keparahan jerawat
Vitamin juga dapat mengontrol produksi sebum atau minyak alami kulit yang menjadi pemicu jerawat. Dengan begitu, sebum tidak akan terperangkap di folikel rambut dan menyebabkan munculnya gangguan. Selain itu, studi Low-dose Vitamin “A” Tablets–treatment of Acne Vulgaris yang terbit pada Medical Archives menemukan, penggunaan vitamin A oral efektif untuk mengobati jerawat. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu guna memastikan manfaat ini.

Meningkatkan kesehatan tulang
Mengonsumsi vitamin dalam jumlah yang cukup dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan tulang. Faktanya, orang dengan kadar nutrisi yang rendah dalam darah berisiko mengalami patah tulang. Selain itu, meta-analisis studi observasi baru-baru ini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin dalam jumlah tinggi mengalami penurunan risiko patah tulang sebesar 6 persen.

Meningkatkan kesehatan organ reproduksi
Nutrisi ini mampu meningkatkan sistem reproduksi pada pria maupun wanita. Selain itu, vitamin juga dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan embrio selama kehamilan berlangsung. Pada wanita hamil, vitamin ini juga terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan banyak organ utama dan struktur janin. Hal ini termasuk kerangka, sistem saraf, jantung, ginjal, mata, paru-paru, dan pankreas.

Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut
Studi berjudul Vitamin A in skin and hair: An update yang terbit pada Nutrients menemukan, konsumsi vitamin yang cukup mampu memelihara kesehatan kulit dan rambut.  Nutrisi ini memengaruhi produksi sebum, yaitu minyak yang membantu menjaga tingkat kelembapan pada kulit dan rambut. Dengan begitu, kelembapan kulit dan rambut dapat terjaga dengan baik.

Mencegah sakit campak
Campak adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat kekurangan vitamin A. Pemberian vitamin pada anak pengidap campak dapat mengurangi risiko kematiannya. 

Mencegah infeksi penyakit menular
Vitamin dapat perlu dalam pengobatan beberapa penyakit menular. Khasiat ini terjadi berkat sifat antiinflamasi di dalam nutrisi yang berperan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan risiko defisiensi vitamin
Defisiensi vitamin adalah kekurangan nutrisi yang menyebabkan berbagai keluhan kesehatan, salah satunya kebutaan. Masalah ini jarang terjadi di negara-negara maju, di mana kebanyakan orang mendapat cukup vitamin dari makanannya.

Mencegah fibrosis kistik
Masalah pada pankreas yang terjadi akibat fibrosis kistik meningkatkan risiko kekurangan vitamin. Asupan tersebut perlu guna mencegah perburukan dan perkembangan penyakit.

Menjaga kesehatan organ reproduksi
Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi perkembangan sperma dan sel telur. Itulah sebabnya, diperlukan asupan vitamin A yang cukup untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. Meski begitu, Anda juga perlu mencukupi asupan nutrisi lainnya, seperti folat, vitamin B, vitamin C, omega-3, antioksidan, serta mineral, seperti zat besi, zinc, dan selenium, guna menjaga kesehatan organ reproduksi.

Mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin
Agar tumbuh kembang janin bisa berlangsung dengan optimal, ibu hamil perlu mencukupi asupan nutrisi sehari-hari, termasuk vitamin A. Vitamin ini juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil tetap kuat, sehingga lebih jarang sakit selama hamil. Namun, asupan vitamin A saat hamil sebaiknya diperoleh dari makanan. Bila ingin mengonsumsi suplemen vitamin A, ibu hamil perlu berkonsultasi dulu dengan dokter. Hal ini karena vitamin A dosis tinggi berisiko menimbulkan kecacatan pada janin.

Mengurangi risiko munculnya penyakit kronis
Vitamin A diketahui bersifat antioksidan sehingga bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas atau stres oksidatif. Dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A, Anda dapat menekan risiko munculnya berbagai penyakit kronis akibat stres oksidatif, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker, temasuk kanker serviks, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker kandung kemih.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life