What Are You Looking For?

Ragam Manfaat Oryza Sativa Extract Untuk Kesehatan Kulit

Ragam Manfaat Oryza Sativa Extract Untuk Kesehatan Kulit
Kecantikan Invalid date 257 Views

Kandungan ekstrak yang terpadat pada beras. Berfungsi untuk menghidrasi, melembutkan dan meredakan iritasi pada kulit. Banyak digunakan sebagagai bahan dasar skin care, terutama skin care Korea. Tepung beras menjadi salah satu jenis tepung yang terbuat dari beras. Ada berbagai manfaat tepung beras untuk kesehatan, mulai dari melindungi kulit dari paparan sinar matahari hingga membantu mengatasi konstipasi.

Oryza Sativa untuk apa saja ke kulit?

Tepung beras mengandung protein, serat, karbohidrat, dan sejumlah vitamin serta mineral. Mulai dari niacin, vitamin B6, tiamin, vitamin E, fosfor, magnesium, zat besi, hingga asam pantotenat. Perlu kamu ketahui bahwa tepung ini menjadi salah satu jenis tepung yang tidak mengandung gluten. Hal ini membuat tepung jenis ini bisa menjadi pilihan aman bagi kelompok yang rentan terhadap kandungan gluten. Selain sebagai bahan dalam membuat makanan, tepung beras juga menawarkan banyak manfaat untuk kulit dan tubuh, termasuk:

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
Asam ferulat dan asam para-aminobenzoic yang terkandung dalam tepung-tepungan ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Melansir dari Medicina Cutanea Ibero-Latino-Americana, kandungan para aminobenoic mampu mendorong pertumbuhan sel dan membantu memperbaiki kerusakan akibat paparan langsung dari sinar matahari. Meski begitu, para ahli tidak bisa memastikan kalau jumlah senyawa yang ada di dalamnya cukup untuk menghasilkan efek tersebut.

Dua senyawa tersebut mampu merangsang pertumbuhan sel kulit mati. Asam para-aminobenzoic juga terbukti melindungi paparan sinar UV, sehingga senyawa ini umumnya terkandung dalam produk-produk tabir surya.  Asam ferulat adalah senyawa organik yang mengandung antioksidan. Senyawa tersebut juga punya sifat anti peradangan dan antibakteri. Jika kamu menggabungkannya dengan vitamin C dan E, jenis asam ini mampu melindungi kulit dari sinar UV. Keunggulan lainnya, asam ferulat mudah terserap oleh kulit sehingga manfaatnya bisa maksimal.

Mengatasi jerawat dan hiperpigmentasi
Tepung beras sering kali menjadi bahan untuk perawatan jerawat dan mencerahkan kulit. Asam fitat yang ada di dalamnya memiliki efek pengelupasan kulit. Namun, jumlah senyawa tersebut belum pasti sehingga efek sebenarnya masih banyak yang mempertanyakan.

Asam fitat adalah asam alfa hidroksi antioksidan (AHA). Senyawa ini merupakan ekstrak dari banyak tanaman, misalnya kacang-kacangan dan biji-bijian, untuk ditambahkan ke produk perawatan kulit. Daripada jenis AHA lain, asam fitat lebih lembut untuk kulit. Sebuah studi dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, menemukan bahwa asam fitat sama efektifnya dalam mengobati jerawat dan hiperpigmentasi (bintik hitam), seperti asam glikolat dan asam salisilat.

Mempercepat penyembuhan luka
Allantoin adalah senyawa organik yang terkandung dalam tepung jenis ini. Zat tersebut yang memiliki sifat menenangkan dan anti peradangan. Beberapa penelitian pada hewan dan studi laboratorium mengungkapkan allantoin dapat mendukung proses penyembuhan luka.

Penyerapan minyak
Tepung ini mampu untuk menyerap minyak berlebih di kulit dan rambut. Karena dalam proses pembuatannya, seluruh protein dan lemak dihilangkan dan yang tersisa hanyalah karbohidrat. 

Mengatasi pori-pori besar pada kulit
Selain itu, tepung beras sebagian besar terdiri dari pati yang mampu mengikat air dan menstabilkan lemak. Pati beras sering terkandung dalam produk perawatan kulit dan perawatan rambut komersial.  Pasalnya, kandungan itu berguna untuk menyerap minyak dan mengurangi tampilan pori-pori besar.

Mengangkat kulit mati
Eksfoliasi menjadi salah satu perawatan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Karena perawatan ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bagian tertentu. Kamu bisa menggunakan tepung ini sebagai masker wajah untuk mendapatkan manfaat eksfoliasi. Campurkan tepung beras dengan air hingga menyerupai pasta. Kemudian, oleskan pada wajah dan biarkan beberapa menit. Setelah itu, bersihkan jika masker sudah mengering. Kamu bisa melakukan perawatan sederhana ini di rumah secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Menenangkan Kulit
Masker beras memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-iritasi yang dapat membantu menenangkan kulit yang gampang iritasi atau terasa gatal. Beras mengandung antioksidan alami dan mineral seperti magnesium yang dapat membantu menenangkan kulit dan membantu mengatasi masalah seperti ruam, eksim, dan dermatitis. Manfaat masker beras ini berguna bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau kulit yang teriritasi oleh polusi atau paparan sinar matahari.

Menghaluskan Tekstur Kulit
Masker beras dapat membantu menghaluskan tekstur kulit dan membuat kulit tampak lebih mulus dan halus. Menghaluskan tekstur kulit dapat dilakukan dengan menggunakan masker beras secara teratur sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit.

Merevitalisasi Kulit
Manfaat masker beras mengandung vitamin B dan mineral seperti magnesium, potassium, dan phosphorus yang dapat membantu merevitalisasi kulit dan membuat kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya. Ini bisa membantu mengatasi masalah seperti kulit kusam dan kulit yang kehilangan kekenyalan dan elastisitas.

Menguatkan Lapisan Kulit
Masker beras dapat membantu menguatkan lapisan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan. Beras mengandung vitamin B dan antioksidan alami yang dapat membantu memperkuat lapisan kulit dan melindungi kulit dari sinar UV dan polusi lingkungan.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life