What Are You Looking For?

Pentingnya Toner Wajah Dalam Skincare Anda

Pentingnya Toner Wajah Dalam Skincare Anda
Kecantikan Invalid date 267 Views

Toner adalah salah satu produk skincare yang mengandung bahan aktif untuk menghilangkan kotoran, minyak, hingga sisa makeup. Selain itu, fungsi toner juga dapat menambah kelembapan pada kulit supaya tidak kering setelah mencuci muka.

Apa itu toner?
Toner merupakan produk perawatan kulit yang bahan utamanya air. Biasanya toner digunakan untuk menghapus sisa makeup, kotoran, dan minyak berlebih yang masih menempel pada kulit setelah Anda mencuci muka. Toner umumnya juga mengandung berbagai bahan aktif dengan kegunaan tersendiri. Beberapa di antaranya yakni gliserin untuk menjaga kulit tetap lembap, ekstrak herbal dan bunga sebagai antioksidan, serta niaciamade untuk kulit agar cerah.

Apa fungsi toner?
Toner merupakan langkah kedua dari proses pembersihan. Manfaatnya, bila digunakan dengan benar, adalah dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati yang mungkin tersisa di wajah setelah mencuci muka. Toner yang bagus dapat membantu kulit untuk menyerap bahan-bahan aktif dalam produk skin care dengan lebih cepat. Namun, hal ini hanya berlaku untuk kulit lembap karena kulit lembap dapat menyerap produk lebih baik daripada kulit kering. Berikut adalah berbagai fungsi toner untuk kulit Anda.

Mengangkat sisa kotoran
Toner membantu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan makeup yang tidak terangkat saat menggunakan susu pembersih atau sabun pembersih wajah.

Melembapkan kulit
Kandungan tertentu pada sabun pembersih wajah bisa membuat kulit menjadi kering. Untuk mengembalikan kelembapan kulit, oleskan toner secara merata setelah mencuci muka. Fungsi toner untuk melembapkan kulit bisa didapatkan dari toner yang mengandung asam amino, mineral oil, atau hyaluronic acid. Fungsi toner yang satu ini penting untuk menjaga kesehatan semua jenis kulit wajah, terutama kulit wajah yang kering.

Mengatasi jerawat
Toner juga dapat mengatasi jerawat jika penggunaannya dibarengi dengan produk untuk mengatasi jerawat. Kondisi jerawat tergolong ringan dapat diredakan dengan pemakaian toner yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Toner dengan kandungan tersebut dapat membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

Menghilangkan bekas jerawat
Toner yang mengandung asam glikolat dapat memudarkan noda hitam ringan bekas jerawat. Namun, untuk bekas jerawat yang berat atau bahkan berlubang, penggunaan produk perawatan kulit saja tentu tidak cukup. Untuk memudarkan bekas jerawat yang tergolong berat, dibutuhkan penanganan khusus dari dokter kulit.

Menghilangkan minyak di kulit
Jenis toner yang tergolong astringent dapat mengurangi minyak atau sebum pada permukaan kulit wajah. Toner jenis ini juga dapat mengurangi kilap, sehingga membuat riasan wajah lebih awet.

Menyeimbangkan pH kulit
Tingkat keasaman kulit atau pH dapat berubah akibat pengaruh produksi minyak, polusi, make up, atau produk kecantikan yang mengandung alkohol. Nah, jenis toner tertentu dapat menyeimbangkan tingkat keasaman kulit di pH 5–5,5, sesuai pH alami kulit.

Cara Menggunakan Toner untuk Wajah
Rangkaian perawatan wajah dimulai dari membersihkan kulit wajah, baik dengan susu pembersih atau sabun wajah. Selanjutnya, tuangkan toner pada kapas dan usapkan ke permukaan wajah. Hindari area sekitar mata saat menggunakan toner, lalu tunggu sampai kering. Setelah itu, Anda dapat menggunakan day cream atau night cream.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life