What Are You Looking For?

Pentingnya Menggunakan Krim Malam untuk Kulit Wajah

Pentingnya Menggunakan Krim Malam untuk Kulit Wajah
Kecantikan 02 Februari 2024 295 Views

Krim malam umumnya digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit wajah. Selain menjaga kelembapan kulit, krim malam juga diketahui baik untuk menyamarkan noda hitam hingga mengurangi tanda-tanda penuaan.

Perawatan wajah tidak hanya dilakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas, tetapi juga malam hari sebelum tidur. Hal ini karena malam hari merupakan waktu bagi tubuh untuk memperbaiki sel dan jaringan yang rusak, tak terkecuali kulit wajah.

Kebanyakan wanita lebih rajin menggunakan krim hanya di pagi hari saja. Krim pagi dianggap penting karena bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dari berbagai polusi yang mungkin saja ditemui selama beraktivitas. Namun menjelang malam, penggunaan krim tidak dianggap penting lagi karena hanya akan dibawa tidur. Padahal, kulit masih memerlukan nutrisi di malam hari untuk melakukan regenerasi. Supaya lebih jelas, berikut penjelasan mengapa krim malam begitu penting untuk digunakan.

Malam hari adalah waktunya kulit untuk regenerasi. Sel-sel kulit yang rusak akibat radiasi sinar matahari, polusi, dan stres yang mungkin kamu alami sepanjang hari, akan digantikan dengan sel-sel kulit yang baru. Nah, penggunaan krim malam bisa membantu memaksimalkan proses regenerasi tersebut. 

JENIS KRIM MALAM
Krim malam biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu krim malam sebagai anti-aging dan krim malam untuk melembapkan.

Krim Malam sebagai Anti-Aging
Krim malam anti-aging berperan sebagai firming, penarikan, ataupun anti-kerut. Biasanya, krim malam jenis ini dilengkapi dengan beberapa kandungan, seperti retinol, glycolic acid, asam asetat, dan retinil salicylic. Seluruh kandungan tersebut mampu menyingkirkan kulit yang sudah tua dan menggantinya dengan kulit yang baru. Selain itu, krim malam anti-aging juga bermanfaat untuk memudarkan garis halus dan keriput. Dengan menggunakan krim malam jenis ini, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih kencang dan lebih kuat ketika harus menghadapi sinar matahari yang bisa menyebabkan munculnya flek hitam dan kerutan.

Krim Malam untuk Melembapkan
Krim malam yang mampu memberikan kelembapan ekstra sering disebut juga dengan istilah ultra-hydrating dan deep nourishing. Pada malam hari, kulit cenderung menjadi lebih kering apalagi bila kamu tidur dengan pendingin ruangan atau AC. Nah, penggunaan krim malam bisa membantumu untuk mengembalikan kelembapan alami kulit yang hilang.

MANFAAT KRIM MALAM
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menggunakan krim malam secara rutin, di antaranya:

Menjaga kelembapan dan elastisitas kulit
Mencuci wajah sebelum tidur memang penting dilakukan untuk mencegah munculnya masalah akibat kulit wajah yang kotor. Namun, mencuci wajah tanpa menggunakan pelembap setelahnya, justru dapat membuat kulit wajah mudah kering, terutama bagi Anda yang menggunakan AC di kamar tidur. Menggunakan krim malam secara rutin dapat mencegah dan mengatasi kulit kering pada wajah. Kandungan humektan, seperti hyaluronic acid dan gliserin, mampu mengunci kelembapan kulit, sedangkan kandungan emoliennya dapat menghaluskan kulit. Dengan demikian, kulit wajah pun akan terhindar dari dehidrasi serta terjaga kelembapan dan elastisitasnya.

Mencegah Kulit Dehidrasi
Siapa bilang kulit tidak bisa dehidrasi? Saat kamu tidur, kamu tidak mendapatkan cairan selama 5—8 jam. Belum lagi bila kamu tidur di ruangan ber-AC. Kurangnya asupan cairan akan membuat kulit wajahmu kering dan mengkerut. Akibatnya, sel-sel kulit tidak bisa membelah dengan baik. Itulah mengapa kamu perlu menggunakan krim malam yang bisa menjaga kelembapan dan kesegaran kulit sepanjang malam. Dengan kulit yang lembap dan segar, sel-sel kulit dapat lebih mudah beregenerasi.

Memperbaiki lapisan kulit wajah yang rusak
Paparan polusi udara dan sinar matahari berlebih, penggunaan sabun wajah berbahan keras, serta stres, ternyata dapat membuat lapisan teratas kulit rusak. Hal ini kemudian akan memicu munculnya berbagai masalah kulit wajah, seperti gatal-gatal, hiperpigmentasi, iritasi kulit, dan munculnya jerawat. Untuk mencegah dan mengatasi masalah ini, Anda disarankan untuk menggunakan krim malam dengan kandungan yang dapat memperbaiki sel kulit wajah. Kandungan ceramides pada krim malam diketahui mampu memperbaiki lapisan kulit yang rusak serta mengatasi masalah kulit kering, gatal, dan berjerawat. Sementara itu, kandungan minyak alami dalam krim malam, seperti minyak jojoba, minyak biji bunga matahari, dan minyak chamomile, memiliki sifat antiradang dan antioksidan, sehingga dapat memperbaiki kerusakan pada lapisan teratas kulit.

Menyamarkan kerutan pada wajah
Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun dan kulit pun akan mulai mengendur. Akibatnya, tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan keriput mulai bermunculan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda disarankan menggunakan krim malam yang mengandung retinol atau hyaluronic acid. Kedua kandungan tersebut diketahui baik untuk menstimulasi produksi kolagen dan meremajakan kulit, sehingga kerutan pada wajah pun akan berkurang dan tersamarkan.
Meski demikian, krim malam dengan kandungan retinol sebaiknya digunakan secara bertahap. Hal ini karena retinol berisiko menyebabkan iritasi kulit bila digunakan secara berlebihan, terutama bagi Anda yang berkulit sensitif.

Mencerahkan kulit wajah
Sebagian orang mungkin merasa tidak nyaman dengan noda hitam dan bekas jerawat yang gelap di wajah. Apalagi jika disertai dengan kondisi kulit yang terlihat kusam. Untuk mencerahkan kulit wajah, Anda bisa menggunakan krim malam yang mengandung AHA. Zat ini diketahui dapat mengangkat sel kulit mati dan menghambat produksi melanin, sehingga kulit tampak lebih cerah. Selain itu, Anda juga bisa memilih krim malam dengan kandungan vitamin C dan vitamin E yang dapat mencerahkan kulit kusam dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Menghilangkan Jerawat
Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana caranya krim malam dapat menghilangkan jerawat. Nyatanya, krim malam diperkaya oleh sifat anti-bakteri yang bermanfaat untuk mengatasi dan mengusir jerawat yang muncul di wajah. Enggak hanya jerawat saja lho, krim malam juga mengandung bahan non-comedogenic yang berguna untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan komedo.

Menenangkan Kulit Iritasi
Luka akibat iritasi bila dibiarkan saja bisa membuat kulit rusak dan timbul bekas luka. Untuk mencegah hal tersebut, segera aplikasikan krim malam pada kulit wajah atau tubuhmu yang sedang terluka atau iritasi. Hal ini karena krim malam mampu membantu menenangkan iritasi. Namun, tentu saja kamu perlu menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Meratakan warna kulit
Banyak orang bermasalah dengan warna kulit yang tidak rata, entah akibat flek hitam, bekas jerawat, atau faktor lainnya. Apabila Anda memiliki masalah yang sama, cobalah menggunakan night cream mengandung niacinamide dan/atau vitamin C. Niacinamide dapat memperkuat lapisan pelindung kulit, memacu pembelahan sel, dan memperkecil pori sehingga kulit tampak lebih rata. Sementara itu, vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain menggunakan krim malam, Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat, seperti cukup minum air putih, berhenti merokok, dan hindari stres, untuk menjaga kesehatan kulit wajah.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life