What Are You Looking For?

Manfaat Glucosyl Ceramide Untuk Kulit

Manfaat Glucosyl Ceramide Untuk Kulit
Kecantikan 07 Februari 2024 337 Views

Ceramide merupakan jenis asam lemak yang sebenarnya sudah ada dalam sel kulit manusia. Salah satu manfaatnya adalah melindungi lapisan penghalang kulit (skin barrier). Ceramide adalah salah satu jenis asam lemak yang secara alami terdapat di sel-sel kulit dan membentuk sekitar 50% lapisan kulit luar (epidermis). Meskipun diproduksi oleh tubuh, kualitas dan jumlah ceramide pada kulit bisa berkurang seiring bertambahnya usia.

Ceramide termasuk ke dalam jenis asam lemak bernama lipid. Kandungan ini sudah ada di dalam sel kulit manusia dan membentuk 50 persen lapisan kulit terluar (epidermis). Asam lemak ini kerap dijadikan sebagai salah satu bahan produk perawatan kulit. Cara kerjanya dengan melindungi dan menghalangi paparan radikal bebas yang berpotensi merusak kulit. Ceramide juga efektif mempertahankan lapisan pelindung kulit (skin barrier). Manfaatnya tak sampai di situ saja, kandungan ini juga dapat meningkatkan hidrasi kulit, sehingga tampak lebih kenyal dan lembap.

Melembapkan kulit
Ceramide memiliki peran utama untuk mengunci dan menjaga kelembapan kulit serta mengatasi kulit kering. Kulit yang menua atau sering terpapar debu, sinar matahari, dan polusi, bisa menjadi lebih kering, gatal, memerah, dan bersisik. Hal tersebut tentu bisa mengganggu penampilan dan kenyamanan Anda. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan ceramide, baik dalam bentuk losion, pelembap, maupun serum.

Mencegah skin barrier dari kerusakan
Skin barrier adalah lapisan kulit terluar yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan sekaligus menjaga keseimbangan air pada kulit. Sebagai garda terdepan dalam melindungi kulit, skin barrier perlu dijaga kesehatannya dengan baik. Salah satu caranya adalah rutin memakai krim atau losion yang mengandung ceramide. Kulit yang memiliki cukup kandungan ceramide umumnya akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, jerawat, perubahan warna, dan iritasi.

Mencegah penuaan dini
Banyak orang tentu ingin memiliki kulit yang awet muda dan sehat. Untuk mewujudkannya, Anda bisa coba rutin menggunakan produk skincare yang mengandung ceramide. Bahan ini mencegah dan mengurangi kerutan, serta mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit. Dengan demikian, kulit Anda pun bisa tampak lebih muda dan sehat.

Mengatasi gangguan kulit
Manfaat lain dari ceramide adalah meringankan gejala gangguan kulit, seperti kulit kering dan iritasi, akibat eksim atau psoriasis. Riset menyebutkan bahwa orang yang menderita penyakit kulit, seperti eksim atau psoriasis, memiliki lebih sedikit kandungan ceramide di dalam sel-sel kulitnya. Jadi, untuk mengatasi masalah kulit kering akibat penyakit kulit tersebut, Anda bisa menggunakan pelembap atau serum yang mengandung ceramide.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life