What Are You Looking For?

Manfaat Benzoic Acid Untuk Kulit Sehatmu

Manfaat Benzoic Acid Untuk Kulit Sehatmu
Kecantikan 04 Februari 2024 294 Views

Bagi kamu yang sering mengikuti dunia per-skincare-an, mungkin sudah nggak asing lagi dengan salicylic acid. Kalau kamu perhatikan bagian komposisi dari suatu produk skincare, mungkin saja kamu menemukan bahwa produk tersebut mengandung bahan benzoic acid.

Benzoic acid dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi wajah. Kandungan yang satu ini juga dipercaya mampu untuk merawat kulit wajah dan sangat efektif untuk mengobati berbagai jenis jerawat dan komedo yang muncul. Kondisi kulit yang berjerawat memang terasa cukup menyebalkan. Pasalnya, kondisi ini bisa membuat seseorang kehilangan percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain.

Anti jamur dan bakteri kulit 
Benzoic acid atau asam benzoat telah lama digunakan dalam berbagai produk, mulai dari makanan hingga produk-produk kecantikan. Asam benzoat umumnya digunakan sebagai zat aditif makanan untuk pengawet, penambah rasa atau aroma, hingga pengatur pH agar makanan tahan lama. Banyak makanan olahan yang mengandung asam benzoat atau salah satu garamnya sebagai pengawet. Asam menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan ragi; ini bekerja paling baik bila makanan memiliki nilai pH asam. Asam benzoat juga sering ditemukan pada sediaan antijamur topikal.

Manfaat asam benzoat 
Asam benzoat banyak dimanfaatkan dalam industri manufaktur berbagai produk, seperti produk makanan dan minuman, parfum, pewarna, obat oles, kosmetik, hingga pengusir serangga. Berikut adalah sejumlah manfaat asam benzoat.

Pengawet makanan
Salah satu kegunaan asam benzoat yang paling umum adalah sebagai pengawet makanan, khususnya pada makanan kemasan. Asam ini mampu membatasi pertumbuhan berbagai mikroorganisme yang dapat menyebabkan pembusukan atau kerusakan. Asam benzoat bekerja dengan cara mengubah kadar keasaman (pH) internal mikroorganisme. Kondisi yang asam menjadi tidak sesuai untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup mikroorganisme.

Menambah daya simpan produk
Asam benzoat memiliki sifat antimikroba yang dapat membasmi jamur penyebab pembusukan. Penambahan asam benzoat mampu memperpanjang daya simpan produk. Tanpa menggunakan asam benzoat, sebuah produk mungkin hanya dapat bertahan selama 1-2 minggu saja.

Mengatasi peradangan kulit
Asam benzoat juga dapat ditemukan pada produk perawatan kulit dan kosmetik. Asam telah terbukti secara ilmiah memiliki sifat antiradang sehingga mampu menenangkan kulit, meringankan iritasi, dan mencegah peradangan. Salep kulit yang mengandung asam benzoat juga mampu menjaga kondisi kulit dan mengurangi iritasi kulit, salah satunya akibat bercukur.

Mencegah infeksi
Asam benzoat sering dikombinasikan dengan asam salisilat dalam salep kulit. Kedua bahan ini efektif untuk mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur atau bakteri. Kombinasi keduanya dapat digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi pada kulit, seperti luka bakar, gigitan serangga, eksim, dan infeksi jamur.

Mengatasi sel kulit mati
Banyak sekali permasalahan kulit yang muncul karena menumpuknya sel kulit mati di permukaan kulit. Sebut saja seperti kulit yang kusam, kering, dan berjerawat merupakan masalah yang ditimbulkan oleh sel kulit mati. Asam benzoat bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang akan diregenerasi dengan sel kulit yang baru. Dengan begitu, kulit akan terlihat lebih cerah, lembut, dan sehat.

Mengurangi efek kerusakan kulit akibat matahari
Seperti yang kita kita ketahui, paparan sinar matahari membuat kulit jadi rentan untuk terjadi kerusakan. Beberapa masalah yang muncul karena paparan sinar matahari seperti warna kulit yang tidak merata, kulit kemerahan, kulit kusam dan menggelap, dan juga munculnya bintik-bintik berwarna hitam pada kulit. Dengan tingkat konsentrasi tertentu, asam benzoat bisa membantu untuk mengangkat kulit yang rusak tersebut. Setelah terangkat, kulit akan terlihat lebih cerah, halus, lembut, dan tentunya tampak sehat.

Menghilangkan jerawat
Asam benzoat adalah bahan yang efektif untuk mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat karena kemampuannya dalam memecah ikatan antarsel di lapisan luar kulit. Asam benzoat juga punya kemampuan untuk mengurangi dan mengatur sekresi sebum. Salah satu penyebab dari jerawat adalah produksi minyak yang berlebih sehingga menyumbat pori-pori. Asam benzoat juga bisa mengatasi penyumbatan tersebut sehingga bisa mengatasi permasalahn jerawat.

 


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life